Ahad , 05 November 2017, 00:29 WIB

Penghargaan KPop Terbesar Antisipasi Kecurangan Voting

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ratna Puspita
EPA/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Girl band asal Korea Selatan, Red Velvet, dijadwalkan tampil pada pengargaan musik KPop terbesar, Mnet Asia Music Awards (MAMA) di Hongkong.
Girl band asal Korea Selatan, Red Velvet, dijadwalkan tampil pada pengargaan musik KPop terbesar, Mnet Asia Music Awards (MAMA) di Hongkong.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Jaringan musik TV kabel Korea Selatan Mnet mengantisipasi bentuk kembali terjadinya kecurangan pada voting Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2017. Mnet sempat telah mendeteksi kecurangan pada voting untuk acara penghargaan K-Pop tahunan terbesar itu pada Jumat (3/11). 

"Jika kecurangan suara terus berlanjut maka suara yang mencurangi hasil voting akan dihapus, IP pengguna mereka akan diblokir dan ID mereka akan dihapus secara permanen," kata pengumuman MNet dilansir dari Yonhap, Ahad (4/11).

Mnet Asian Music Awards (MAMA) telah menutup sementara proses pemungutan suara, mengingat adanya dugaan kecurangan pemilih. Menurut Mnet, suara yang tidak sah telah terdeteksi, dan terdata terjadi antara 26 Oktober hingga 1 November.

Penghentian pemungutan suara itu dilakukan sejak Jumat (3/11) lalu, disusul dengan pemeriksaan sistem secara menyeluruh. 

Mnet melakukan sebuah pemeriksaan sistem untuk mengeliminasi suara palsu untuk penghargaan yang bakal digelar di tiga negara, yakni Jepang, Vietnam, dan Hongkong, pada 25 November hingga 1 Desember mendatang. 

Situs web MNet melakukan pemeriksaan sistem empat jam pada hari Jumat dini hari. Perwakilan perusahaan induk Mnet, CJE&M mengatakan, adanya suara yang tidak valid membuat perusahaan harus memutuskan untuk menghapus semua suara ilegal yang masuk hingga Jumat. 

Setelah melakukan inspeksi, beberapa peringkat bergeser saat ribuan suara yang dianggap tidak sah telah dikeluarkan dari sistem. Mnet menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin tuntuk mempertahankan keadilan dalam sistem pemungutan suara, dan mengantisipasi kecurangan-kecurangan. 

Pemungutan suara, dengan partisipasi dari 180 negara di seluruh dunia sejauh ini, bakal berlanjut hingga 28 November. 

MAMA 2017 akan dimulai di Teater Hoa Binh, Ho Chi Minh City, Vietnam pada 25 November nanti. Jepang adalah negara kedua yang akan disambangi pada 29 November. Yokohama Arena akan menjadi tuan rumah acara ini. 

Disusul, Hong Kong pada 30 November hingga 1 Desember mendatang. Ada dua acara di Hongkong, yakni di W Hotel Hong Kong pada 30 November dan di AsiaWorld-Expo pada 1 Desember.

Pertunjukkan ini akan menampilkan bintang-bintang asal negeri gingseng, seperti Twice, BTS, EXO, Red Velvet, Seventeen, Wanna One dan lainnya.

MAMA dimulai sebagai Mnet Km Music Festival. Penghargaan tersebut mulai menggunakan nama MAMA sejak 2009  dengan memperluas pasar ke seluruh Asia. Acara ini juga telah diselenggarakan di luar Korea sejak 2010, menandai dirinya sebagai salah satu acara K-pop terbesar di dunia.