Rabu , 06 Desember 2017, 00:57 WIB

5 Second Male Lead di KDrama Tahun Ini

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ratna Puspita
sbs.co.kr
Kim Jae-wook
Kim Jae-wook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Para pencinta K-Drama mengenal istilah second male lead syndrome atau sindrom pemeran pria kedua. Sindrom ini ‘menjangkiti’ para pencinta K-Drama ketika dia menginginkan pemeran utama wanita memilih pemeran pria kedua. 

Dalam KDrama, pemeran kedua pria yang tidak kalah harus merasakan patah hati. Berikut ini pemeran pria kedua yang menjadi perbincangan pecinta K-Drama tahun ini, khususnya menjelang 2017 berakhir. Para pemeran ini tidak hanya tampil sebagai karakter yang ditolak cintanya namun juga merekatkan hubungan pasangan pemain utama dalam suatu drama.

1. Kim Jae-wook (Park Jung-woo, Temperature Of Love)

Para pemeran Temperature of Love (kiri ke kanan): Jo Bo-ah, Yang Se-jong, Seo Hyun-jin, Kim Jae-wook. (sbs.co.kr)

Pengorbanan second male lead yang menyentuh diperankan Kim Jae Wook. Ia berperan sebagai Park Jung-woo dalam drama Temperature Of Love.

Jung-woo adalah pebisnis berhati dingin. Dia memiliki pribadi sangat hati-hati dan teliti menilai orang. Ia menyukai Lee Hyun-soo (Seo Hyun-jin), yang memiliki karakter dan prinsip kuat.

Ia meyakini perasaannya pada Hyun-soo usai lima tahun mereka menjalin hubungan profesional antara pemimpin perusahaan dan penulis yang bekerja di perusahaan itu. 

Jung-woo menyatakan perasaannya kepada Hyun-soo di sebuah gedung tinggi sambil melihat cahaya lampu-lampu Seoul. “Aku ingin membuat keluarga, ku pikir aku bisa hidup bersamamu,” kata Jung Woo.

Namun, pernyataan cinta Jung-woo dibalas Hyun-soo dengan menceritakan perasaan cintanya kepada pria lain, On Jung-sun (Yang Se-jong). Awalnya, Jung-woo mentertawakan dirinya. Namun, perlahan, dia menunjukkan kedewasannya dan ketulusannya pada Hyun-soo. 

Jung-woo menenangkan dan mendengar dalam diam setiap kata-kata Hyun-soo. Jung-woo mengajarkan tentang ketulusan. Jung-woo selalu ada untuk orang yang dicintai, kendati Hyun-soo  tidak pernah membalasnya. 

2. Kim Min-kyu (Yoen Bok-nam, Because This Is My First Life)

Aktor berusia 22 tahun, Kim Min Kyu, memerankan Yoen Bok-nam dalam drama komedi romantis berjudul Because This Is My First Life yang tayang di tVN pada Oktober sampai November lalu. Drama Because This Is My First Life menceritakan Nam Se-hee (diperankan oleh Lee Min-ki) dan Yoon Ji-ho (diperankan oleh Jung So-min) yang memutuskan menikah karena kesepakatan saling menguntungkan.

Bok-nam tahu Ji-ho punya suami, tetapi ia tetap mendekati Ji-ho. Bok-nam mengetahui pernikahan Ji-ho dan Se-hee tidak berlandaskan cinta. 

Cara Bok-nam memperlakukan Ji-ho, sempat membuat pemeran utama wanita itu merasa nyaman. Bok-nam menjadi teman bicara yang sabar. Saat menyadari Ji-ho mulai jatuh hati pada Se-hee, Bok-nam pun memilih mundur. Untungnya, Bok-am cepat move on. Ia tak berlarut-larut meratapi kekecewaan atas perasaannya. 

3. Jung Hae-in (Han Woo-tak, While You Were Sleeping)

Jung Hae-in (EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT)

Peran ‘sadis’ second lead berikutnya dimainkan Jung Hae-in dalam drama While You Were Sleeping. Ia memerankan Han Woo-tak yang merupakan seorang polisi berhati baik, lembut, tulus, dan tampan. 

Beberapa karakter perempuan dalam drama itu menyebut Woo-tak sebagai musim gugur yang menenangkan. Dalam drama itu, Woo-tak dikisahkan menyukai Nam Hong-joo (diperankan oleh Bae Suzy). 

Namun, ia cepat menyadari pujaan hatinya menyukai pria lain, Jung Jae-chan (Lee Jong-suk). Karena itu, ia tak berusaha merebut atau merusak hubungan Hong-joo dan Jae-chan. 

Woo-tak digambarkan pasrah dan menerima cintanya yang bertepuk sebelah tangan. Bahkan, ia tak mengaku suka Hong Joo, saat ditanya ibu gadis pujaannya. Barangkali, Woo-tak tak ingin membuat persahabatannya dengan Hong-joo dan Jae-chan menjadi canggung. 

4. Gong Myung (Kwon Je-hoon, Revolution of Love)

Gong Myung dalam drama Revolution of Love memerankan Kwon Je-hoon yang memendam rasa pada Baek Joon (Kang So-ra). Mereka adalah rekan kuliah di salah satu perguruan tinggi ternama di Korea Selatan. Setelah lulus, Gong Myung memilih tinggal di daerah sekitar rumah Joon. 

Memendam perasaan memang hanya berjudi dengan peruntungan. Je-hoon terlalu menikmati kenyamanan berada di sekitar Joon hingga ada pria lain yang datang dan mencuri hati Joon, yakni Byun Hyuk (diperankan oleh Siwon).

Je-hoon pun hanya menelan kekecewaan memendam perasaannya sejak lama. 

3. Jang Ki-yong, (Jung Nam-gil, Go Back Couple)

Jang Ki-yong (EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT)

Jang Ki-yong memerankan mahasiswa di fakultas sejarah dalam drama Go Back Couple. Go Back Couple menceritakan pasangan suami istri, Choi Ban-do (diperankan oleh Son Ho-jun) dan Ma Jin-joo (diperankan oleh Jang Na-ra), yang memutuskan bercerai. 

Namun, Ban-do dan Jin-joo mengalami perjalanan waktu kembali ke masa kuliah. Jin-joo pun kembali bertemu dengan Nam-gil, seniornya di kampus yang pernah menyatakan cinta untuk sekadar membuat ayahnya kesal. 

Nam-gil yang menjadi idola semua mahasiswi perlahan menyukai Jin-joo. Nam-gil yang kesepian karena permasalahan kedua orang tuanya merasa nyaman dengan Jin-joo yang memiliki sifat keibuan. 

Namun, Nam-gil akhirnya menyadari perasaannya tidak berbalas. Dia memahami Jin-joo mencintai Ban-do. Nam-gil pun tak memaksakan perasaannya. Akhirnya, ia mundur teratur merelakan Jin-joo.