Senin , 20 March 2017, 18:37 WIB

Artika Sari Ajari Anak Kesehatan Gigi Sejak Dini

Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/ Aditya
Artika Sari Devi
Artika Sari Devi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Putri Indonesia 2004 Artika Sari Devi mengajari dua anak perempuannya untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini dengan membiasakan mereka menggosok gigi dengan benar di waktu yang tepat.

"Tantangan terbesarnya adalah saat membiasakan mereka. Orang tua harus kreatif dengan memberi contoh dan terlibat langsung," kata Artika dalam jumpa pers perayaan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di SD Negeri Rawa Buntu 3, Tangerang Selatan, Senin (30/3).

Artika mengatakan dia bersama suaminya, Ibrahim Imran atau Baim, sadar bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Karena itu, kesehatan gigi dan mulut harus diajarkan kepada anak sejak dini.

Ibu dari Sarah Ebiela Ibrahim (7) dan Dayana Zoelie Ibrahim (3,5) itu mengatakan setidaknya ada tiga hal yang diajarkan pada anak-anaknya. Pertama adalah menggosok gigi dengan benar dan waktu yang tepat.

"Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur," ujarnya.

Hal kedua yang dilakukan Artika adalah membiasakan anak untuk memeriksakan gigi enam bulan sekali. Artika membawa anaknya pertama kali ke dokter gigi saat mulai tumbuh gigi.

"Agar anak tidak trauma dengan dokter gigi, anak harus dibiasakan memeriksakan giginya enam bulan sekali. Jadi bukan hanya saat sakit gigi saja," tuturnya.

Hal terakhir yang dilakukan adalah dengan menghindari anak-anaknya dari kebiasaan yang dapat menjadi faktor-faktor kerusakan gigi, misalnya menggigit-gigit bolpen atau makan pada malam hari sesudah menggosok gigi.

Sumber : Antara