Kamis , 20 April 2017, 12:27 WIB

Pertarungan Pilkada Diibaratkan Pandji Seperti Son Goku

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Rakhmawaty La'lang
Pandji Pragiwaksono
Pandji Pragiwaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai gelaran Pilgub DKI Jakarta putaran kedua, komedian Pandji Pragiwaksono mengunggah sebuah gambar di akun Instagramnya. Foto itu menampilkan tokoh kartun Son Goku dari seri komik Jepang berjudul Dragon Ball.

"Foto yang saya unggah itu sebenarnya simbolik untuk banyak hal. Ada banyak makna yang tersirat," ujar Pandji mengenai keterkaitan antara gambar tersebut dengan Pilkada Jakarta, Kamis (20/4).

Pemilik akun @pandji.pragiwaksono itu menjelaskan, secara visual tokoh Goku yang ia unggah tampak seperti usai bertarung. Gambar tersebut memang diambil Pandji dari salah satu adegan pertarungan dalam komik.

Meski duduk kelelahan dan babak belur penuh luka, tokoh Goku tetap tersenyum. Juru bicara tim sukses Anies-Sandi itu mengatakan, Goku senang dan puas dengan hasil pertarungan yang sudah dilewati.

Selain keseruan, apa yang dialami selama pertarungan juga membuat Goku menjadi sosok yang lebih baik. Pandji mengatakan, karakter fiksional ciptaan Akira Toriyama itu selalu berusaha memahami segala hal di sekelilingnya.

"Son Goku nggak pernah benci orang, bahkan seringkali lawan tandingnya jadi temannya seperti waktu lawan Piccolo, Yamcha, Bezita," kata rapper 37 tahun itu.

Selepas gelaran Pilkada Jakarta, Pandji juga mengunggah sejumlah pesan lewat media Twitter. Salah satunya, ia berterima kasih kepada warga Jakarta yang disebut sebagai petarung demokrasi yang sesungguhnya, karena berjuang berlandaskan harapan bukan imbalan.