Sabtu , 20 May 2017, 02:00 WIB

'Anak Yatim tak Hanya Butuh Materi'

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Prayogi/Republika
Anak Yatim
Anak Yatim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam cara bisa dilakukan untuk memuliakan anak yatim. Artis Rina Gunawan menilai, anak yatim pada dasarnya membutuhkan kedekatan batin. Menurut dia, memuliakan anak yatim tidak semata-mata hanya memberikan bantuan materi saja.

“Pendekatan terhadap anak yatim sejatinya yang paling dibutuhkan. Sebab, sedari kecil mereka kehilangan sosok orang tua,” ujar perempuan yang kini menggeluti Wedding Organizer, melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (19/5).

Sebagai bentuk perhatiannya pada anak yatim, Rina mengaku selalu mengadakan acara rutin santunan di keluarganya. Keluarganya selalu berusaha menyempatkan drii bermain dan bertemu walau sebentar. Terlebih lagi, kediamannya dekat dengan beberapa pondok yang di dalamnya terdapat anak yatim.

Rina menyebut dirinya tak sekadar mengadakan acara santunan. Namun,juga memiliki dua anak yatim yang telah ia jadikan anak asuh sejak kecil. Rina mengaku kini, anak asuhnya tersebut sudah dewasa dan mandiri.

"Saya juga enggak nyangka mereka pada kerja sesuai dengan cita-citanya masing-masing, ada yang jadi guru ada yang jadi peternak,” kata dia.

Salah satu pola pendekatan yang Rina terapkan dengan anak asuhnya itu mengobrol. Meski secara fisik tidak bisa rutin bertemu, Rina memanfaatkan telepon untuk selalu berinteraksi dengan dua anak asuhnya. Jika ada kesempatan bertemu, Rina menggunakannya untuk mengobrol.