Kamis , 14 September 2017, 13:54 WIB

Menang di Pengadilan, Rebel Wilson Dapat Rp 48,3 Miliar

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
Daily Mail
Rebel Wilson
Rebel Wilson

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah bergelut selama dua tahun, aktris Rebel Wilson berhasil meraih kemenangan di pengadilan terkait kasus pemberitaan fitnah oleh Bauer Media. Hakim memutuskan Bauer Media harus membayar ganti rugi kepada Wilson sebesar 4,56 juta dolar Australia atau sekitar Rp 48,3 miliar.

Hakim Mahkamah Agung di wilayah Victoria, Australia, mengatakan bahwa pemberitaan menyesatkan dari Bauer Media sangat merusak citra Wilson sebagai aktris. Oleh karena itu, biaya ganti rugi yang cukup besar tersebut dinilai setimpal dengan kerugian yang dialami Wilson.

"Reputasi Wilson sebagai aktris berintegritas telah dirusak," ungkap Hakim John Dixon seperti dilansir TIME.

Bauer Media menunjukkan keberatan mereka terkait putusan ini. Baurer Media menilai kerugian yang dialami Wilson tidak sebesar itu. Pengacara Bauer Media, Georgina Schoff, juga sempat memberi pernyataan kepada hakim bahwa Wilson tak mampu membuktikan bahwa artikel yang dimuat oleh Bauer Media menyebabkan aktris tersebut mengalami kerugian finansial.

Di sisi lain, hakim melihat bahwa Bauer Media juga gagal untuk membuktikan kebenaran di balik artikel yang mereka muat mengenai Wilson pada 2015 lalu. Bauer Media juga tak dapat menunjukkan bukti bahwa artikel yang mereka muat tak memiliki dampam merugikan bagi karir Wilson.

Terkait kemenangan ini, Wilson menekankan bahwa uang bukan alasan mengapa ia menuntut keadilan atas pemberitaan yang menyesatkan datj Bauer Media. Oleh karena itu, Wilson mengatakan akan menyumbangkan sebagian uang ganti rugi yang ia dapatkan nanti kepada acara amal. Sebagian lainnya akan digunakan Wilson untuk mendukung industri film Oz.

"Saya juga tak sabar untuk kembali menjalani karir saya dan menghibur semua orang," tulis Wilson melalui akun Twitter pribadinya.

Pada 3015 lalu, Bauer Media menerbitkan sebuah artikel yang menyatakan bahwa Wilson melakukan sejumlah kebohongan publik. Salah satu yang diungkapkan Bauer Media adalah Wilson memalsukan umurnya menjadi enam tahun lebih muda.

Artikel yang dimuat oleh Bauer Media juga menyebutkan bahwa Wilson brrbohong terkait nama 'Rebel' yang ia miliki. Bauer Media juga menuding bahwa Wilson berbohong soal halusinasinya menerima penghargaan Academy Award ketika sakit malaria.

Tak hanya itu, Bauer Media menyatakan bahwa Wilson berbohong terkait pekerjaan orang tua Wilson sebagai pelatih anjing. Aktris berusia 37 tahun ini juga dituduh berbohong soal pernyataan bahwa ia masih memiliki hubungan keluarga dengan Walt Disney maupun soal masa lalunya yang sempat tinggal di wilayah 'ghetto' di Sidney.

Seluruh pemberitaan yang menyesatkan ini dinilai tak hanya merusak citra Wilson sebagai aktris yang berdedikasi. Wilson menilai pemberitaan yang dilakukan oleh Bauer Media juga menyebabkan ia harus kehilangan beberapa kontrak film.