Senin , 25 September 2017, 06:43 WIB

Mengenal Penyakit Fibromyalgia yang Diderita Lady Gaga

Rep: Adhysa Citra Ramadani/ Red: Yudha Manggala P Putra
AP
Lady Gaga
Lady Gaga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu lalu, penyanyi ternama Lady Gaga mengumumkan bahwa ia sudah lama bergelut dengan penyakit fibromyalgia. Apa sebenarnya fibromyalgia?

Fibromyalgia pada dasarnya merupakan sebuah gangguan jangka panjang yang dapat menimbulkan rasa nyeri di seluruh tubuh. Selain rasa nyeri yang menyebar luas, NHS mengungkapkan beberapa gejala lain yang kerap dirasakan penderita fibromyalgia.

Salah satu gejala tersebut adalah peningkatan sensitivitas terhadap nyeri. Penderita fibromyalgia juga umumnya merasakan kelelahan yang luar biasa, otot kaku, kesulitan tidur, hingga pusing, irritable bowel syndrome dan kesulitan dalam mengingat serta konsentrasi.

"Nyeri dan kesulitan yang terdapat pada fibromyalgia umumnya leih buruk dibandingkan sebagian besar kondisi nyeri kronis," terang profesor dari University of Michigan Dr Daniel Clauw seperti dilansir WebMD.

Dengan gejala-gejala tersebut, fibromyalgia bisa sangat melemahkan sebagian penderitanya. Tak jarang, penderita fibromyalgia merasa gangguan yang ditimbulkan oleh fibromyalgia mempengarhui kehidupan mereka.

"Kadang menghalangi mereka untuk memiliki pekerjaan dan kehidupan sosial yang normal," sambung Direktur Center for Integrative Pain Neurolmaging di Massachusetts General Hospital, Dr Marco Loggia.

Diperkirakan jumlah penderita fibromyalgia mencapai empat persen dari populasi dunia. Sekitar 80 persen dari penderita fibromyalgia diketahui perempuan. Meski bisa dialami oleh anak-anak, kondisi ini umumnya terdiagnosa ketika penderita memasuki usia paruh baya.

National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases mengungkapkan bahwa hingga saat ini penyebab fibromyalgia belum diketahu dengan pasti. Akan tetapi beberapa ahli menilai bahwa gangguan ini dipicu oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah kejadian traumatis dan atau paparan terhadap cedera berulang.

Meski belum bisa disembuhkan, ada beberapa terapi pengobatan yang bisa dijalani oleh penderita fibromyalgia. Terapi-terapi tersebut antara lain terapi pengobatan dengan pereda nyeri maupun obat antidepresan, mengikuti konseling ataupun terapi perilaku kognitif, serta perubahan gaya hidup.

"Olahraga secara umum juga diketahui meiliki beberapa manfaat penting bagi penderita fibromyalgia, termasuk membantu mengurangi nyeri," ungkap NHS.

TAG

Berita Terkait