Jumat , 10 November 2017, 10:13 WIB

Kejaksaan LA Bentuk Tim Kasus Pelecehan Seksual Hollywood

Red: Indira Rezkisari
AP
Harvey Weinstein.
Harvey Weinstein.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tuduhan terhadap pelecehan seksual di Hollywood terus berlanjut setelah Harvey Weinstein. Bahkan, makin banyak nama orang ternama Hollywood yang dituduh melakukan pelecehan.

Kantor Kejaksaan Los Angeles tidak tinggal diam. Menyikapinya mereka membentuk tim investigasi untuk menangani kasus pelecehan seksual.

Jaksa Jackie Lacey mengatakan sudah membentuk satuan kerja yang terdiri dari jaksa terlatih. Mereka sudah siap mengevaluasi kasus pelecehan seksual tersebut jika ada yang dilimpahkan ke Kejaksaan untuk tuntutan hukum.

"Saya sudah menugaskan enam penuntut kejahatan seksual untuk bekerja sama memastikan pendekatan legal yang seragam dan kemungkinan tuntutan hukum jika ada kasus yang memenyhi standar legal dan faktual," ujar Jackie, dikutip dari USA Today, Jumat (10/11).

Pengumumannya tersebut muncul setelah sejumlah nama diduga merupakan pelaku pelecehan seksual. Nama tersebut diantaranya, Kevin Spacey, Louis CK, Jeremy Piven. Mereka dituduh pernah melakukan pelecehan seksual, perkosaan, hingga kekerasan sejak beberapa dekade lalu.

"Sampai saat ini kita belum menerima satu pun kasus dari penegak hukum untuk kemungkinkan tuntutan hukum," kata Jackie. Ia mengaku namun telah berkomunikasi dengan Kepolisian Los Angeles dan Beverly Hills.

Polisi di kedua kota itu sudah membuka penyelidikan terhadap dugaan pelecehan yang dilakukan Harvey Weinstein. Harvey juga diselidiki untuk dugaan yang sama di New York dan London.