Jumat , 10 November 2017, 18:04 WIB

Soleh Solihun Sempat Mau Jadi Ustaz

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Fakhtar Khairon Lubis
Soleh Solihun
Soleh Solihun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor dan Sutradara Soleh Solihun mengaku memang mengagumi almarhum KH Zainuddin MZ saat masih kecil. Bahkan saking kagumnya dengan ceramah sosok yang kerap dijuluki dai sejuta umat itu, Soleh pernah bercita-cita ingin menjadi pendakwah sepertinya.   

"Waktu SD saya mau jadi ustadz, dulu banyak kasetnya Zainuddin MZ. Kok orang ini lucu banget, saya ingin jadi ustadz gitu karena saya terhibur dengan beliau," kata Soleh ketika mengunjungi kantor Republika.co.id, Jakarta, Kamis (9/11).

Orang tua Soleh mengkoleksi beragam kaset dakwah dari Alm Zainuddin MZ. Soleh merasa sosok Ustaz tersohor ini mampu membawa orang yang mendengar dakwahnya tidak bosan. "Khotbahnya bisa semenyenangkan ini, karena kebanyakan kita males diceramahin, tapi Zainuddin MZ menyenangkan, menghibur makanya waktu itu saya mau jadi ustadz," lanjutnya.

Selain menjadi ustadz ia juga sempat mau menjadi tentara. "Kalo bisa tentara yang juga ustadz lebih bagus," candanya.

Menurut Soleh, orang terlalu dihadapkan dengan tuntutan ikuti passion. Soleh sendiri sudah menjajal berbagai macam profesi, seperti wartawan, penyiar, pelawak, pemain film dan terakhir sutradara. Soleh mengaku bahwa ia menemukan passion-nya di bidang warta ketika berkuliah di jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Meski begitu, tuntutan kerja dari wartawan dan biaya hidup yang tidak sebanding membuat dia melakukan peruntungan lain. "Saya masih berkecimpung di dunia jurnalistik. Dulu saya wawancara orang, sekarang saya jadi narasumber," katanya bercanda dengan wajah serius.

Walau sudah tak menjadi wartawan, Soleh masih tetap menggunakan kemampuan di ruang lain. Salah satunya di akun Youtube Soleh Solihun. Di sana dia membuat berbagai macam konten seperti vlog dan interview public figure. "Sekarang habis wawancara saya nggak perlu transkrip dan nulis, sekarang tinggal upload selesai," tutupnya.

Saat ini Soleh sedang mempersiapkan perilisan film Mau Jadi Apa? yang akan tayang 30 November mendatang. Film tersebut merupakan nostalgia kocak Soleh saat masih duduk di bangku kuliah.