Senin , 13 November 2017, 12:29 WIB

Lembaga TV Amerika Boikot Harvey Weinstein

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
AP
Harvey Weinstein.
Harvey Weinstein.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Lembaga Pertelevisian Amerika Serikat menjadi lembaga selanjutnya yang memboikot Harvey Weinstein. Keputusan itu pun berlaku untuk seumur hidup.

"Setelah sidang hari ini, tata kelola Akademi Televisi telah memilih untuk mengusir Harvey Weinstein dari Akademi untuk seumur hidup," kata organisasi tersebut dalam sebuah pernyataan dikuti dari EW.

Lembaga yang menyajikan Penghargaan Primetime Emmy tahunan, memilih untuk mengusir produser yang sedang terlilit skandal. Alasan tersebut muncul sebagai bentuk tanggapan mereka yang menolak sosok pelaku pelecehan seksual pada wanita.

"Akademi mendukung mereka yang berbicara menentang pelecehan dalam segala bentuk dan berdiri di belakang mereka yang telah terpengaruh oleh masalah ini," ujar pernyataan tersebut.

Lembaga televisi tersebut menyatakan, jika perilaku pelecehan seksual merupakan bentuk yang sangat mengganggu dalam perjalanan mereka. Terlebih lagi jika melihat semangat bekerja dalam patokan yang baik, kesopanan dan rasa hormat merupakan hal yang sangat penting.

Setalah peristiwa Weinstein, akademi pertelevisian AS itu sedang mengejar tinjauan rinci dan revisi kode etik keanggotaan Akademi Televisi yang telah dibuat. Mereka bertekad untuk berperan dalam melindungi semua profesional televisi dari pelecehan seksual dan memastikan memastikan setiap anggota yang ada di dalamnya merasa aman dalam berkarya.

Pengusiran Weinstein dari Akademi Televisi muncul setelah dia dikeluarkan dari Producers Guild of America dan memilih keluar dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, serta menghadapi tuntutan hukuman dan suspensi dari BAFTA dan Dewan Direksi dari Amerika.