Selasa , 21 November 2017, 17:22 WIB

Sandang Siregar, Kahiyang Manortor Perdana

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
Dok. Istimewa
Kahiyang dan Bobby menyampaikan ucapan terima kasih mereka atas pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, Selasa (21/11).
Kahiyang dan Bobby menyampaikan ucapan terima kasih mereka atas pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, Selasa (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Usai resmi menyandang marga Siregar, Kahiyang Ayu menjalani manortor pertamanya. Prosesi ini dilakukan sebelum dia dan suami, Bobby Nasution, dilepas ke rumah keluarga suami di Bukit Hijau Regency, Kompleks Taman Setiabudi Indah, Medan.

Dengan mengenakan kebaya merah muda, Kahiyang menjalani manortor bersama para boru Siregar tanpa didampingi Bobby.

Salah seorang perwakilan raja adat, Chairuman Harahap menjelaskan, tidak didampinginya Kahiyang oleh Bobby karena keduanya belum melakukan acara adat sebagai suami istri. Pesta adat ini baru akan digelar pada 24-25 November mendatang. "Mereka kan belum mengikuti acara adat makanya tidak didampingi," kata Chairuman, Selasa (21/11).

Chairuman menjelaskan, manortor yang dilakukan Kahiyang merupakan ungkapan rasa syukur karena Kahiyang telah menjadi keluarga besar Siregar. Selain itu, manortor ini juga dilakukan untuk melepas Kahiyang sebagai anak perempuan Siregar ke rumah mertuanya. "Jadi dia menari dengan teman-teman masa kecilnya sebelum dilepas ke rumah mertua," kata tokoh masyarakat Sumut ini.

Usai manortor, Kahiyang dan Bobby dilepas keluarga Doli Sinomba Siregar yang sekarang telah menjadi orang tua Kahiyang Ayu Siregar. Dengan mengenakan bulang atau topi adat Mandailing untuk pengantin wanita, Kahiyang pun berangkat menuju rumah mertuanya. Tak ketinggalan, dia juga membawa paropa atau bekal untuk dibawa ke rumah orang tua sang suami.

Berita Terkait