Kamis , 07 Desember 2017, 11:41 WIB

Masak Jadi Ajang Penyatu Keluarga Bagi Widi Mulia

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
MGROL 99
Widi Mulia
Widi Mulia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan memasak saat ini bukan hanya dijadikan sebagai sarana untuk menyediakan makanan semata. Memasak juga bisa menjadi alat pemersatu keluarga jika dilakukan bersama-sama apalagi dengan mengajak anak memasak. Hal tersebut juga dilakukan oleh penyanyi Widi Mulia.

Wanita kelahiran Jakarta, 38 tahun silam, ini mengaku sering mengajak ketiga anaknya unutk memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarga. Menurutnya, masak bukan sekedar menyiapkan makanan tapi juga waktu bermain sambil menikmati masa emas buah hati.

“Bisa dibilang ini menginvestasikan waktu bersama anak dengan masak. Minimal 30 menit waktu kita habiskan di dapur untuk mendekatkan emosional dan melatih motorik anak juga,” katanya.

Sebelum berkeluarga, lanjut Widi, dia memasak hanya untuk diri sendiri. Karena baginya penting untuk mengolah makanan sendiri agar tubuh punya asupan yang lebih baik. Bedanya, sekarang masak tidak sesederhana dulu sebab setiap anggota keluarga memiliki selera berbeda.

“Sekarang sih anak-anak lagi suka makan macaroni and cheese, jadi pasti aku ajak anaku untuk masak itu juga, mengajarkan proses bukan hanya sekedar menikmati makannya. Baru setelah itu dimakan ramai-ramai. Atau bahkan kreasi masakan pun datang dari ide anak, yang kemudian dijadikan bahan untuk masak bersama anak,” katanya.

Istri dari aktor Dwi Sasono ini juga menganggap masak bisa mendatangkan banyak manfaat sehingga sesibuk apapun aktivitas di luar rumah tetap harus meluangkan waktu untuk memberi yang terbaik bagi keluarga. “Untuk membuat makanan yang sehat dan enak, sebagai ibu jaman now, aku selalu tertantang untuk membuat kreasi masakan agar anak-anak senang. Pernah suatu ketika anakku tiba-tiba nulis ‘My mom is the best mom in the world’ karena mungkin kita sebagai orang tua bisa kasih apa yang mereka suka termasuk menghabiskan waktu di dapur untuk masak dengan anak,” ujarnya.