Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Bill dan Melinda Gates Ingatkan Trump

Rabu 14 Februari 2018 12:42 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra

Bill Gates dan Melinda Gates

Bill Gates dan Melinda Gates

Foto: Time
Trump diminta memperlakukan wanita dengan lebih terhormat.

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW YORK -- Pasangan miliarder Bill dan Melinda Gates menitipkan sejumlah pesan kepada Presiden AS Donald Trump. Harapan itu tertuang dalam surat tahunan Gates Foundation yang dirilis pada Selasa (13/2).

Trump diminta untuk memperlakukan orang lain, terutama wanita, dengan lebih terhormat. Ia juga didesak untuk tidak menghentikan bantuan dana kepada negara-negara miskin demi kemakmuran dunia.

The Guardian melaporkan setiap tahun yayasan tersebut merilis surat dan tahun ini isi suratnya ditujukan untuk Trump. "Aku harap presiden kita memperlakukan orang lain dan terutama kaum wanita dengan lebih terhormat. Baik ketika berbicara maupun saat menulis di Twitter," ungkap Melania.

Di sisi lain, Bill Gates mengingatkan bahwa rencana Trump untuk memangkas bantuan dana kepada negara miskin akan menyebabkan jutaan nyawa di seluruh dunia melayang. "Jika AS memangkas 10 persen bantuannya maka artinya lima juta jiwa akan mati dalam satu dekade ke depan," tulis pendiri Microsoft tersebut.

Tahun lalu, kongres AS menolak usulan pemerintah AS yang akan memangkas kucuran bantuan ke negara-negara miskin. Bill Gates berharap kongres akan mengambil sikap yang sama tahun ini.

Dalam sebuah wawancara terpisah, Melinda Gates juga mengkritisi kebiasaan Trump yang kerap menggunakan Twitter untuk menyerang wanita dan kelompok minoritas. "Komentar-komentar seperti itu tidak seharusnya dilontarkan ke publik," katanya kepada Associated Press.

Dalam surat tersebut, pasangan ini menyatakan bahwa kesetaraan adalah prinsip penting dalam sebuah negara. "Kesucian seseorang, tanpa menghiraukan ras, agama, orientasi seksual, atau jenis kelamin, adalah bagian dari semangat negara kita," demikian isi surat itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES