Ahad , 09 November 2014, 10:59 WIB

Garap Film Bung Hatta, Erwin Arnada-Salman Aristo Riset ke Belanda

Red: Hazliansyah
Erwin Arnada (tengah), Salman Aristo (kanan) saat menghadiri diskusi
Erwin Arnada (tengah), Salman Aristo (kanan) saat menghadiri diskusi "Spirit Bung Hatta" bersama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produser film Erwin Arnada tengah menyiapkan film terbaru. Kali ini Erwin membuat sebuah film biopik tentang Mohammad Hatta. 

Bersama Salman Aristo (Penulis Skenario), Erwin melakukan riset mendalam, termasuk terbang ke Belanda untuk mencari tahu lebih dalam tentang sosok wakil presiden pertama Indonesia tersebut. 

"Kedatangan kami ke Belanda untuk melakukan riset dan menghimpun informasi sebanyak-banyaknya," ujar Erwin Arnada dalam keterangan tertulis yang diterima ROL, Ahad (9/11). 

Erwin yang juga bertindak sebagai sutradara mengatakan, ia bisa saja mencari data dan informasi tentang perjalanan Mohammad Hatta saat menimba ilmu di Handelshogeschool (Sekolah Tinggi Bisnis di Rotterdam) itu dari internet. Namun ia ingin melakukan riset berbagai informasi sebanyak-banyaknya. 

"Dan selama berada di Belanda kami mendapatkan banyak hal. Banyak mengungkap fakta baru apa yang dilakukan Hatta selama berada di Belanda," tambah Erwin Arnada. 

Hal senada diutarakan Salman Ariston. Dia banyak mendapat informasi baru selama berada di Belanda. "Banyak banget yang gue temuin di sini. Termasuk buku-buku baru yang gue nggak dapat di Indonesia," terangnya. 

Selain melakukan riset lewat buku yang ada di Belanda, Erwin dan Salman juga melakukan riset lewat diskusi bertajuk "Spirit Bung Hatta" bersama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Belanda. 

Film "Mohammad Hatta" rencananya akan memulai syuting pada bulan Februari 2015 dan tayang pada Agustus di tahun yang sama.