Sabtu , 20 May 2017, 09:10 WIB

Daniel Radcliffe Jadi Aktivis Anti-Apartheid

Red: Esthi Maharani
EW
Daniel Radcliffe
Daniel Radcliffe

REPUBLIKA.CO.ID, Bintang Harry Potter, Daniel Radcliffe, akan membintangi film tentang seorang aktivis anti-apartheid kulit putih yang melarikan diri dari salah satu penjara paling ketat di Afrika Selatan. Film thriller Escape From Pretoria digarap berdasarkan pelarian dramatis Tim Jenkin  dari Penjara Berpengamanan Maksimal Pretoria dengan temannya Stephen Lee pada 1979, seperti dilansir AFP.

Jenkin, kini berusia 68 tahun, divonis penjara 12 tahun karena membagi-bagikan selebaran berisi dukungan pada Kongres Nasional Afrika yang dilarang pada saat itu. Namun, pada tahun berikutnya dia berhasil membuat satu set kunci kayu untuk serangkaian pintu di dalam penjara yang menahan para terpidana mati.

Menggunakan alat yang terbuat dari gagang sapu dan cermin yang disembunyikan di selnya, Jenkin membuka pintu selnya dan kemudian membebaskan tetangga dan temannya Lee. Keduanya berhasil menyelinap keluar dari penjara berpengamanan ketat tersebut dan akhirnya melarikan diri ke London.

Produser David Barron, yang juga terlibat dalam film-film Harry Potter, mengatakan film tentang kisah nyata yang menakjubkan ini akan bersifat politis tanpa menjadi polemik.

"Escape From Pretoria adalah perpaduan langka dari gender dan drama dan saya senang bisa menggabungkan kombinasi Daniel Radcliffe dan Francis Annan,” imbuhnya, saat film itu diluncurkan di festival film Cannes.

Sumber : Antara