Jumat , 04 August 2017, 10:39 WIB

Perankan Nyai Ahmad Dahlan, Ini Persiapan Tika Bravani

Red: Hazliansyah
Republika
Tika Bravani perankan tokoh Nyai Ahmad Dahlan di film berjudul sama
Tika Bravani perankan tokoh Nyai Ahmad Dahlan di film berjudul sama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis Tika Bravani melakukan observasi guna memerankan karakter Nyai Ahmad Dahlan dalam film berjudul sama. Film produksi IRAS Film tersebut akan tayang mulai 24 Agustus mendatang.

Awal yang dilakukan Tika Bravani adalah dengan ziarah ke makam Nyai Ahmad Dahlan. Selain itu ia juga menyempatkan shalat di mushalla yang dibangun Nyai Ahmad Dahlan di Kauman, Yogyakarta.

"Saya juga shalat di mushala yang dibangun Nyai di Kauman," ujar Tika Bravani dalam jumpa pers film "Nyai Ahmad Dahlan", Kamis (3/8) kemarin.

Saat menyempatkan shalat di sana, Tika mengaku sangat terharu. Ia merasakan bagaimana perjuangan seorang Nyai Ahmad Dahlan, tokoh emasnsipasi perempuan dari kauman, kampung santri di Yogyakarta. Nyai Ahmad Dahlan pernah menjadi perempuan yang memimpin Kongres Muhammadiyah tahun 1926.

"Saya sampai nangis waktu shalat di mushalla itu. Karena ada sesuatu yang terasa gimana gitu," ujar Tika.

Tika juga merasa terbantu dengan bantuan informasi dari pihak keluarga KH Ahmad Dahlan sehingga ia jauh lebih mengenal sosok perempuan yang menjadi panutan di zamannya itu. Salah satunya informasi dari Ibu Hadiroh, cicit dari Nyai Ahmad Dahlan.

"Saya bantuk dibantu beliau (Ibu Hadiroh,red) dan dia benar-benar luar biasa. Umurnya yang sepuh tapi masih hebat dan lincah. Makanya saya pikir Nyai juga pasti hebat seperti itu," kata Tika.

Film "Nyai Ahmad Dahlan" rencananya akan tayang mulai 24 Agustus mendatang. Selain Tika Bravani, film ini turut dibintangi David Chalik sebagai KH Ahmad Dahlan dan sejumlah pemeran lainnya. Yakni Cok Simbara, Della Puspita, Rara Nawangsih, Egi Fedly, Malvino Fajaro, Inne Azri dan Olla Ata Adonara sebagai sutradara.