Jumat , 18 August 2017, 17:04 WIB

Film Wiro Sableng Wujudkan Keinginan Terpendam Bastian Tito

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Shelbi Asrianti
Vino Bastian sebagai pemeran utama film Wiro Sableng.
Vino Bastian sebagai pemeran utama film Wiro Sableng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengarang novel Wiro Sableng, almarhum Bastian Tito, ternyata menyimpan sebuah keinginan terpendam. Hal tersebut pernah diungkapkan almarhum kepada aktor Herning Sukendro alias Ken Ken, yang memerankan karakter Wiro Sableng versi sinetron.

Ken Ken mengenang sebuah momen perbincangan antara dirinya dengan Bastian Tito di ruang produksi sinetron pada 1995. Kala itu, Ken Ken yang terpilih menjadi tokoh utama bertanya apakah ia layak memerankan Wiro Sableng yang dalam novel adalah sosok tampan, gagah, dan lugu.

"Saya tanya cocok enggak? Oom Bastian mengatakan cocok lah. Kemudian melanjutkan 'tapi Ken Ken jangan tersinggung, karena sebetulnya dalam hati Oom menulis cerita ini ingin Wiro Sableng diperankan oleh anak Oom'," ungkap Ken Ken.

Pria kelahiran Madiun itu menyatakan bersyukur karena keinginan Bastian kini terwujud. Pada film layar lebar Wiro Sableng besutan Lifelike Pictures, sosok pendekar dengan senjata andalan Kapak Maut Naga Geni 212 tersebut memang diperankan oleh Vino G Bastian, putra almarhum Bastian Tito.

Selain Vino, pemeran lain termasuk Marsha Timothy, Sherina Munaf, Ruth Marini, Cupink Topan, Marcella Zalianty, Lukman Sardi, Dwi Sasono, Happy Salma, Marcell Siahaan, Andi /Rif. Sutradara Angga Dwimas Sasongko mengarahkan film yang skenarionya ditulis oleh Sheila Timothy, Tumpal Tampubolon, dan Seno Gumira Ajidarma.

Ditanya keterlibatannya dalam versi film layar lebar, Ken Ken hanya tersenyum dan mengatakan dirinya sudah tidak memungkinkan untuk bermain. Namun, ia menyatakan dukungan penuh terhadap film yang dijadwalkan tayang pada 2018 dan koreografi adegan laganya dikoordinatori Yayan Ruhian itu.

"Sangat mendukung film ini, semua pemerannya artis Indonesia dengan reputasi akting yang tidak diragukan lagi. Mereka orang-orang hebat tetapi semua low profile," kata Ken Ken memuji.