Rabu , 13 September 2017, 08:38 WIB

Dunkirk, Film Perang Dunia II Terlaris Sepanjang Masa

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
AP
Sutradara Christopher Nolan.
Sutradara Christopher Nolan.

REPUBLIKA.CO.ID, Dunkirk berhasil meraih gelar sebagai film tentang Perang Dunia II (PD II) yang terlaris sepanjang masa. Sinema drama perang besutan Christopher Nolan tentang evakuasi pasukan Inggris dari Pantai Dunkirk itu mengalahkan pendahulunya, Saving Private Ryan.

Pendapatan global Dunkirk sekarang mencapai 493 juta dolar AS, berkat masuknya film sekitar akhir pekan lalu di Cina. Perolehan tersebut menempatkan Dunkirk di atas film perang tahun 1998 besutan Steven Spielberg, Saving Private Ryan, yang total pendapatannya mencapai 481,8 juta dolar AS.

Namun, posisi film PD II terlaris di Amerika Serikat masih dimiliki Saving Private Ryan dengan total pendapatan 216 juta dolar AS. Saat ini, pendapatan Dunkirk di AS hanya sebesar 183 juta dolar AS dan mustahil mencapai angka pesaingnya kecuali apabila film diputar sampai berbulan-bulan ke depan.

Target berikutnya yang lebih mungkin disasar Dunkirk adalah rekor pendapatan 500 juta dolar AS yang bisa saja terjadi jika film tersebut terus diminati penonton di Cina. Hal itu bukan tidak mungkin mengingat daya tarik film, baik dari segi historikal, sinematografi, hingga para pemerannya.

Film berdurasi 106 menit itu terbagi dalam tiga upaya evakuasi serdadu perang, yakni melalui tanggul, laut, dan udara. Ketegangan kisah di mana setiap detik adalah gerbang antara hidup dan mati bagi para tentara membuat adrenalin terpacu sepanjang jalan cerita.

Penonton diajak memasuki area perang berbahaya dengan suasana mencekam ketika ratusan ribu pasukan Inggris dan Sekutu dikelilingi oleh pasukan musuh. Mereka terperangkap di pantai menanti bantuan evakuasi sementara musuh terus merangsek dengan serangan bertubi-tubi.

Akting para pemeran yang diarahkan sutradara Nolan turut menjadi keunggulan film. Mereka adalah Tom Hardy, Cillian Murphy, Mark Rylance, Kenneth Branagh, Harry Styles, Aneurin Barnard, Jack Lowden, James D'Arcy, Barry Keoghan, Tom Glynn-Carney, dan Fionn Whitehead, dilansir dari laman Flickering Myth.