Senin , 25 September 2017, 09:54 WIB

Butuh Tiga Bulan Temukan Lokasi Tepat Pengabdi Setan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
dok Rapi Films
Film Pengabdi Setan
Film Pengabdi Setan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari lokasi untuk pengambilan gambar sebuah film tidak mudah. Hal itu terjadi pada pembuatan garapan ulang film horor tahun 80-an Pengabdi Setan yang kini digarap ulang oleh Joko Anwar.

Sutradara sekaligus penulis skenario itu mengaku jika membutuhkan tiga bulan untuk menemukan rumah yang diinginkan. Mereka mendapatkan itu di daerah Pangalengan, Bandung.

"Ketemu lokasi, ini nggak bisa diinjak karena nggak dipakai orang, akhirnya coba cari tempat lain, dan balik lagi ke situ setelah 1,5 bulan," kata Joko.

Pengarah film Kala itu menceritakan alasan dia dan timnya memutuskan kembali lagi walau harus menerima kondisi rumah yang tidak terpakai. Rumah tersebut memiliki denah yang sama persis dengan apa yang terdeskripsikan dalam naskah.

Sekat ruangan, tangga, dan tiap pintu yang diinginkan sama dengan yang dijabarkan. Tim produksi hanya perlu menambah satu pintu dan sebuah sumur untuk melengkapi kebutuhan tata letak adegan.

"Kita cuma renovasi 10 hari saja, ini rumah 'plek-ketiplek' sama kayak di naskah, kaya rumah itu dibikin buat cerita itu," kata pemenang Piala Citra itu.

 

Berita Terkait