Senin , 30 October 2017, 10:10 WIB

Perancang Busana Legendaris Star Wars Tutup Usia

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pinterest
John Mollo dan kostum Star Wars yang didesainnya.
John Mollo dan kostum Star Wars yang didesainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- LONDON -- John Mollo, perancang kostum peraih Oscar yang terkenal bekerja di Star Wars, telah meninggal dunia pada usia 86 tahun. The Times of London melaporkan Mollo meninggal pada Rabu lalu.

Dikutip the Independent, Senin (30/10), Mollo adalah seorang ahli sejarah militer yang bertindak sebagai penasihat sejarah beberapa film, termasuk The Charge of the Light Brigade dan Stanley Kubrick's Barry Lyndon, sebelum melanjutkan ke desain kostum.

Setelah menyelesaikan film Kubrick, Mollo, yang belum pernah menonton film fiksi ilmiah sebelumnya, bertemu dengan George Lucas untuk membahas film ketiga sutradara tersebut. Dengan menggunakan sketsa Ralph McQuarrie, Mollo merancang pakaian ikonik yang dikenakan oleh Han Solo, Putri Leia, Obi-Wan Kenobi, dan Stormtroopers.

Ada juga kostum Darth Vader, dengan harga hanya 900 poundsterling, Mollo mulai membuat McQuarrie dan visi Lucas menjadi kenyataan, yang mendasari desain akhir pada World Ward 1 Trench Armour dan Nazi Helmet.

Untuk karyanya di Star Wars, Mollo dianugerahi Oscar dengan kostum terbaik. Dia sekali lagi memenangkan Academy Award bergengsi pada tahun 1983 untuk Gandhi Richard Attenborough. Mollo juga bekerja pada film Alien, Cry Freedom dan kembali ke alam semesta Star Wars untuk episode The Empire Strikes Back.