Jumat , 10 November 2017, 05:13 WIB

Buat Film, Sutradara Jepang Terinspirasi Tsunami di Aceh

Rep: Dwina Agustin/ Red: Hazliansyah
Dwina Agustin/Republika
Film kolaborasi Indonesia-Jepang berjudul Laut atau The Man from The Sea segera tayang di Tanah Air pertengahan 2018.
Film kolaborasi Indonesia-Jepang berjudul Laut atau The Man from The Sea segera tayang di Tanah Air pertengahan 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara asal Jepang Koji Fukada menggarap film "Laut" sebagai proyek terbarunya. Ide awal film tersebut lahir ketika dia berkunjung ke Aceh pada tahun 2011.

Kunjungan tersebut terjadi saat dia mengikuti penyelenggaraan simposium "Joint Disaster Recover" yang diadakan Universiatas Syiah Kuala dan Universitas Kyoto. Ketika itu, Jepang baru saja mengalami musibah gempa yang disertai Tsunami yang begitu besar.

Selama mengikuti dan berinteraksi dalam acara tersebut, Fukada mendapat pandangan baru tentang alam. Ternyata, meski mendapatkan musibah yang sama, kedua negara memiliki tanggapan yang berbeda dengan teknologi yang berbeda pula.

"Saya waktu itu baru tahu ternyata tsunami tidak hanya dialami di Jepang, tapi di banyak negara, terutama wilayah Asia seperti Indonesia," kata sutradara pemenang Jury Prize pada "UnCertain Regard" dalam Festival Film Cannes 2016 untuk film "Harmonium".

Tidak bisa ditampik, tsunami yang dialami kedua negara menjadi tali yang mengaitkan kedua negara. Apalagi melihat kondisi negara yang memiliki keadaan alam yang sama, dikelilingi lautan yang memberikan duahal bertolak belakang, keindahan dan bahaya bencana besar.

Dalam proses pembuatan yang dilakukan di Banda Aceh dan Sabang ini, Fukada mengaku tidak banyak kesulitan yang dialami. Meski menggunakan empat bahasa, Indonesia, Jepang, Inggris, dan Aceh, nyatanya itu bisa diatasi dengan adanya penerjemah.