Jumat , 10 November 2017, 06:12 WIB

Sutradara Jepang Puji Aktris Indonesia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Dwina Agustin/Republika
Aktor Indonesia Adipati Dolken bermain dalam film kerja sama Indonesia-Jepang yang berjudul Laut.
Aktor Indonesia Adipati Dolken bermain dalam film kerja sama Indonesia-Jepang yang berjudul Laut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara asal Jepang Koji Fukada tanpa sungkan memuji kualitas seni peran artis Indonesia. Memiliki kesempatan untuk mengarahkan Adipati Dolken dan Sekar Sari, pemenang Jury Prize pada "Un Certain Regard" dalam Festival Film Cannes 2016 ini merasa puas dan bangga.

"Saya tidak bisa mengatakan mana yang lebih unggul dari pemain Jepang atau pemain Indonesia," kata Fukada.

Pria berusia 37 tahun ini menyatakan pemain Indonesia memiliki kualitas yang baik dalam berperan. Dengan mudah mereka dapat memahami apa yang dia inginkan dalam penggarapa film Laut.

Selain itu, keduanya pun dinilai sangat mudah membangun ikatan dengan pemain-pemain Jepang yang terlibat, seperti Dean Fujioka, Junko Abe dan Mayu Tsuruta. Ketika berinteraksi dengan pemain Jepang, terasa ada keakraban yang seperti sudah terjalin lama.

Melalui ikatan yang begitu mudah terjalin di kehidupan sehari-hari berkontribusi pada jalannya kelancaran ketika pengambilan gambar diambil. Proses syuting pun dinilai lebih baik dan sangat menyenangkan untuk banyak orang.

Bahkan, Fukada menyatakan, menggarap Laut merupakan salah satu proses pembuatan film yang sangat menyenangkan. Dia tidak menyangka jika pembuatannya begitu berjalan sempurna hingga saat ini sedang dalam masa editing.