Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Tiga Karakter Wanita Kuasai Box Office Sepanjang 2017

Selasa 02 January 2018 19:55 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri

Emma Watson

Emma Watson

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 2017, Hollywood diguncang dengan salah satu kasus skandal seks terbesar yang memakan korban puluhan aktris. Terungkapnya skandal ini membuka borok industri perfilman Hollywood. Di mana para pelakunya adalah orang-orang 'besar' yang punya pengaruh terhadap karier sang aktris yang menjadi korban.

Kendati demikian, tahun 2017 juga tercatat sebagai tahun di mana film-film yang mengangkat tokoh utama wanita merajai box office. Selama 59 tahun terakhir, tahun 2017 adalah pertama kalinya tiga film fenomenal mengusung karakter wanita menyedot perhatian masyarakat di seluruh dunia untuk mendatangi bioskop.

 

Dilansir dari The Telegraph Senin (1/1), peringkat pertama ditempati Star Wars: The Last Jedi yang menampilkan tokoh Rey. Rey yang diperankan oleh Daisy Ridley menunjukkan kekuatannya di film ini. Berdasarkan catatan terakhir, film besutan Rian Johnson ini telah meraup pendapatan 517 juta dolar di Amerika Serikat saja.

 

Selanjutnya film remake garapan Disney, Beauty and The Beast menempati posisi kedua. Disusul film adaptasi superhero Wonder Woman di peringkat ketiga. Di film ini Gal Gadot memerankan tokoh utama.

 

Sebagaimana The Last Jedi, dua film tersebut sama-sama menunjukkan karakter wanita yang berdaya. Sebelumnya Emma Watson yang berperan sebagai Belle dalam Beauty and The Beast juga menekankan bahwa dirinya membawa prinsip-prinsip feminis ke dalam jiwa Belle.

 

 

"Belle tentu saja adalah putri Disney namun dia bukanlah karakter yang pasif. Dia punya kekuatan untuk menentukan nasibnya sendiri," kata Emma dalam wawancaranya dengan Vanity Fair. Menurut Box Office Mojo, Beauty and The Beast mengumpulkan pendapatan fantastis mencapai 504 juta dolar AS.

 

Sementara itu Wonder Woman, yang dilaporkan mengantongi 412 juta dolar AS, tercatat sebagai film pertama superhero DC yang mengusung tokoh pahlawan wanita. Peran wanita di film ini makin kuat setelah menilik bahwa sutradaranya juga seorang wanita yakni Patty Jenkins.

 

Dalam rilisnya pada Juni 2017, film ini membukukan pendapatan tertinggi di antara film-film besutan sutradara wanita lainnya. Wonder Woman berhasil meraup 100,5 juta dolar AS dalam penayangan perdananya.

 

Kali terakhir ada tiga film berkarakter utama wanita sukses mencetak box office dalam setahun terjadi pada 1958. Kala itu rekor box office diraih oleh film musikal South Pacific, film komedi Auntie Mame, dan Cat on A Hot Tin Roof.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengintip Kereta Cepat Jamaah Haji-Umrah

Ahad , 25 February 2018, 07:10 WIB