Rabu , 09 August 2017, 09:32 WIB

Spotify Hadir di Xbox One, Ini Kelebihannya

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
Time
Spotify di Xbox One
Spotify di Xbox One

REPUBLIKA.CO.ID, Pada pekan lalu, banyak netizen yang bertanya-tanya mengenai keberadaan layanan streaming musik Spotify pada Xbox setelah melihat Xbox Live dari Larry Hryb. Rumor tersebut terbukti benar karena beberapa saat kemudian Microsoft mengumumkan secara resmi kehadiran Spotify dalam Xbox One.

Dalam pernyataan resmi, Microsoft mengatakan bahwa layanan Spotify bisa dinikmati di 34 negara. Untuk bisa mendapatkan layanan ini, pengguna cukup mengunjungi Xbox Store dan mengunduh aplikasi Spotify for Xbox.

Ada dua layanan mendengarakan lagu yang diberikan oleh Spotify. Layanan pertama merupakan layanan Free (gratis). Para pengguna hanya perlu mendaftar dan memuat akun Spotify. Setelah membuat akun, pengguna bisa langsung menikmati sekitar 30 juta lagu.

Hanya saja, layanan Free juga disertai dengan tampilan iklan, termasuk dalam bentuk audio, yang akan muncul dalam banyak lagu. Di samping itu, pengguna layanan Free juga hanya bisa memainkan daftar lagu mereka secara acak.

Layanan kedua yang diberikan Spotify adalah layanan Premium atau berbayar. Untuk mendapatkan layanan ini, pengguna hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 dolar Amerika atau sekitar Rp 130 ribu per bulan. Dengan layanan ini, pengguna akan terbebas dari gangguan iklan maupun keharusan untuk memainkan daftar lagu secara acak.

Dengan aplikasi Spotify for Xbox, pengguna dapat mendengarkan lagu sambil bermain game. Pemilihan lagu hingga playlist bisa dilakukan melalui Xbox One gamepad.

Pengguna bahkan bisa mendengarkan daftar lagu pada ponsel, tablet maupun komputer mereka melalui Spotify for Xbox dengan memanfaatkan Spotify Connect. Untuk bisa melakukannya, pastikan gadget dan Xbox One menggunakan jaringan internet yang sama. Setelah itu, buka aplikasi Spotify pada gadget dan mulai mainkan lagu. Kemudian, pilih Devices Available dan pilih Xbox One.

Di sisi lain, aplikasi Spotify for Xbox One juga mendukung pemutaran lagu dengan kualitas yang lebih tinggi. Seperti diketahui, Spotify menawarkan tiga kualitas streamng yaitu 96 kbps untuk perangkat mobile, 160 kbps untuk desktop dan pemutaran melalui web serta 320 kbps untuk pengguna layanan Premium pada desktop maupun mobile. Layanan Spotify for Xbox memungkinkan kualitas streaming 320 kbps.

"Aplikasi Spotify pada Xbox One tidak memungkinkan pemutaran lagu secara offline, tapi itu bukan masalah besar mengingat konsol game bukan sesuatu yang mobile," terang kritikus video game dari TIME, Matt Peckham, seperti dilansir TIME.

Layanan Spotify pada konsol game pada dasarnya bukan sesuatu yang baru. Beberapa tahun yang lalu, layanan Spotify sudah mulai dinikmati oleh para pengguna PlayStation 3 dan 4. Hanya saja, sebagian pengguna PlayStation 3 dan 4 mengeluhkan kualitas streaming yang tidak sebaik versi desktop.

Di sisi lain, layanan pemutaran musik juga bukan hal yang baru bagi pengguna Xbox. Sebelumnya, Microsoft sudah memiliki layanan pemutar musik bernama Groove. Layanan ini bahkan memiliki katalog lagu yang lebih besar yaitu 38 juta lagu.