Rabu , 13 September 2017, 19:28 WIB

Afgan Luncurkan Single Berjudul X

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Antara
Penyanyi Afgan
Penyanyi Afgan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Setelah merilis single "Kau Dengannya Ku Dengan Dia" pada 16 Maret 2017 lalu. Kini, Afgan kembali meluncurkan single terbaru yang berjudul "X".

Dari judulnya, pendengar bisa melihat ke mana inti lagu ini. Akan tetapi, dari segi lirik kesan yang ditimbulkan dianggap begitu mendalam, di mana setiap kenangan terlihat terekam jelas.

"Lagu ini sendiri bercerita tentang seseorang yang baru menyadari kalau dirinya belum sepenuhnya moved on dari sang mantan. Saya memilih lagu ini, karena secara pribadi saya sangat suka dengan bunyi di lagu ini," kata Afgan. Ia juga mengaku kalau lagu ini merupakan lagu favoritnya dari album Sides, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Rabu (13/9).

Dalam lagu bertajuk X, Afgan menggandeng Sonaone, penyanyi dan rapper kenamaan asal Malaysia untuk berkolaborasi, dalam mengolah komposisi lagu dan penulisan lirik. Proses pembuatan lagu ini cukup singkat, karena Afgan dan SonaOne telah saling mengenal, dan mengagumi karya masing-masing, sehingga terbentuk jalinan diantara keduanya.

Adapun di lagu ini Afgan mempersembahkan genre yang berbeda, memperlihatkan dirinya keluar dari zona nyaman. "Saya akui kalau lagu ini merupakan musik yang sangat baru dari saya. Tapi saya rasa dari liriknya sendiri pasti banyak orang yang bisa tersambung dengan lagu ini," kata dia.