Jumat , 20 October 2017, 00:08 WIB

Lagu 'Sepatu' Tulus Diterjemahkan ke Bahasa Jepang

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Republika/ Yasin Habibi
Penyanyi Tulus
Penyanyi Tulus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu lagu populer Tulus, 'Sepatu' dialihbahasakan ke dalam Bahasa Jepang menjadi berjudul 'Kutsu'. Lagu tersebut sudah rilis di Negeri Sakura itu.

Awalnya, ada beberapa pilihan lagu untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang. Tetapi, hanya lagu 'Sepatu' yang maknanya tidak bergeser ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang.

"Lagu lain-lain itu ada yang 70 sampai 90 persen yang maknanya belum tentu sesuai dan itu bukan proses yang mudah. Mesti bekerja sama dengan penerjemah dan lain sebagainya," ujar Tulus di Restoran Kembang Goela, Sudirman, Kamis (19/10).

Video lagu ini tidak dikerjakan ulang. Tetapi, bagi yang ingin mendengar lagu kutsu ini, Tulus menuturkan, bisa mendengarkan lewat Youtube.

Selain itu, Tulus mengaku ada beberapa alasan memilih Jepang sebagai tempat promosi baru untuk lagu-lagunya. "Karena ekspansi pasar saja ya. Terus alasan yang lebih spirit, saya ingin berkontribusi untuk kasih tahu kalau sekarang musik Indonesia itu seperti ini, dengerin nih musik Indonesia dan siapa tahu malah bisa membuka kesempatan untuk teman-teman sesama musisi juga untuk bisa ke situ," katanya menjelaskan.

Sementara itu, penyanyi berusia 30 tahun ini baru saja merilis video klip salah satu lagu berjudul 'Tukar Jiwa' dari album Monochrome. Pembuatan video klip ini berkolaborasi dengan videografer Davi Linggar.

"Ini adalah klip saya yang proses pembuatannya paling lama. Hampir setahun gambarnya," ujarnya.

Gambar-gambar yang diambil dan ditampilkan merupakan representasi lirik lagu yang ditulis oleh Tulus. Gambar itu dikumpulkan satu per satu hingga membentuk sebuah video klip.

"Biasanya bikin klip paling lama berapa hari. Ini lama banget makanya pas itu dirilis rasanya lega banget," katanya.