Kamis , 02 November 2017, 16:23 WIB

Cerita Paul McCartney Soal Inspirasi Lagu Lady Madonna

Rep: reja irfa widodo/ Red: Budi Raharjo
AP
Paul McCartney
Paul McCartney

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Lagu Lady Madonna dianggap sebagai salah satu lagu paling populer dari grup band legendaris asal Inggris, The Beatles. Lagu yang diciptakan salah satu anggota The Beatles, Paul McCartney, ini dirilis pada Maret 1968.

Lagu dengan irama rock and roll ini pun akhirnya mampu memuncaki tangga lagu Inggris pada sepanjang 1968.  lady Madonna pun menjadi salah satu single paling populer dari The Fab Four, nama lain dari The Beatles.

Lagu itu bercerita tentang perjuangan seorang perempuan dalam membesarkan anaknya. Paul McCartney pun bercerita mengenai inspirasi yang didapatnya untuk menciptakan lagu Lady Madonna tersebut. Menurut musisi berusia 75 tahun itu, inspirasi dari lagu itu berasal dari sebuah foto yang ditampilkan majalah National Geographic edisi Januari 1965.

Dalam edisi tersebut, Majalah National Geographic menyoroti soal keberlangsungan hidup sebuah suku di Pegunungan Madonna di pedalaman Amerika Serikat. Dalam majalah itu juga terdapat sebuah foto yang menampilkan seorang perempuan, yang tengah mengendong sambil menyusui anaknya.

''Dia terlihat sangat bangga dan memiliki seorang bayi. Saya melihat ini merupakan persoalan tentang Madonna, ibu dan anak,'' kata McCartney seperti dikutip The Guardian, Kamis (2/11).

McCartney pun mengaku begitu tersentuh saat melihat foto tersebut. McCartney menyebut, orang mungkin sekadar melihat, ibu tersebut merupakan ibu yang baik.

''Tapi, Anda juga bisa mengatakan ada hubungan emosional yang begitu dekat antara anak dan ibu di dalam foto tersebut. Jadi, saya begitu terinspirasi untuk menulis lagu Lady Madonna, lagu saya, dari foto tersebut,'' tutur McCartney.