Senin , 20 November 2017, 07:06 WIB

Legenda Musik Country Mel Tillis Meninggal Dunia

Red: Dwi Murdaningsih
Steve C. Mitchell/EPA
Mel Tillis
Mel Tillis

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mel Tillis, ikon musik country yang begitu dikenal luas menutup usia pada umur 85 tahun. Kepergian legenda musik itu pada Ahad (19/11) pagi di Ocla, Florida. Perwakilan Tillis menyatakan jika penyanyi tersebut meninggal karena masalah usus dan dugaan kegagalan pernafasan.

Lahir dengan nama Lonnie Melvin Tillis, pada 8 Agustus 1932, di Tampa, Tillis kemudian menjadi seniman yang produktif. Selama karirnya yang panjang, dia telah menulis lebih dari 1.000 lagu, merekam lebih dari 60 album, memiliki hampir tiga lusin single top-10, dan mematok enam lagu No. 1, termasuk I Aint Never, dan I Believe in You. Pada1976, dia dinobatkan sebagai Penghibur Terbaik Asosiasi Musik Negara.

Di tahun-tahun berikutnya, Tillis lebihd ikenal karena lagunya daripada melakukan proses rekamannya sendiri. Sebanyak 600 lagunya telah direkam oleh seniman besar mulai dari Kenny Rogers, George Strait, sampai Ricky Skaggs. Kehebatannya sebagai penulis lagu membuatnyamendapatkan penghargaan Songwriter of the Decade dua kali oleh Broadcast MediaInc.

Di samping bernyanyi dan membuat lagu, Tillisjuga merupakan pemeran yang biasa muncul di layar besar dan televisi. Contohsaja, dia muncul di acara TV seperti Hee Haw dan Hollywood Squares, sedangkan film seperti The Cannonball Run, Smokey, dan Bandit 2.

Presiden Barack Obama pun menganugerahi denganpenghargaan National Medal of Arts atas kontribusinya terhadap musik country pada 2012.

 

Berita Terkait