Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Radiohead Tuntut Lana Del Rey Tiru Lagu 'Creep'

Senin 08 January 2018 17:23 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Lana Del Rey

Lana Del Rey

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang pop Lana Del Rey mengakui dia dituntut oleh band Radiohead atas tuduhan meniru lagu hit mereka, "Creep'. Itu menjawab rumor langkah hukum yang akan diambil Radiohead atas lagu "Get Free" di album Lust For Life milik Del Rey.

"Itu benar mengenai tuntutan tersebut," kata Del Rey mengkonfirmasi melalui akun Twitternya seperti dikutip BBC, Senin (8/1).

Pihak Del Rey dilaporkan menawarkan 40 persen royalti penerbitan, namun pengacara Radiohead menuntut 100 persen. "Meski saya mengetahui lagu tidak diinspirasi dari Creep, namun Radiohead merasa seperti itu dan menginginkan 100 persen dari penerbitan," tulisnya.

Musisi Owen Pallet berpendapat bahwa tuduhan Radiohead karena kemiripan kunci nada di masing-masing lagu. Namun dia mencatatkan sesuatu yang dia tulis dalam akun twitternya. "Radiohead berdiam diri dengan rasa kesal karena progresi kordnya dicuri, bisa jadi pengacara mereka hannya mencoba menjadi pengacara," tulisnya.

Hingga saat ini Radiohead belum mengonfirmasi klaim Del Rey tersebut. Menariknya, Radiohead sukses dituntut oleh The Hollies karena kemiripan lagu "Creep" dengan "The Air That I Breathe". Alberti Hammond dan Mike Hazlewood kini ditulis sebagai penulis lagu dan berbagi royalti dengan band.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES