Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Tuesday, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 January 2018

Ed Sheeran dan Tim McGraw Dituntut Dugaan Plagiat

Jumat 12 January 2018 13:39 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Tim McGraw dan Faith Hill.

Tim McGraw dan Faith Hill.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dua musisi asal Australia melayangkan gugatan kepada Ed Sheeran dan Tim McGraw atas dugaan plagiasi. Sean Carey dan Beau Golden menuduh lagu berjudul 'The Rest of Our Life' yang dinyanyikan oleh Tim McGraw dan Faith Hill menjiplak lagu ciptaan Carey dan Golden berjudul 'When I Found You'.

Hollywood Reporter pada Rabu (10/1) memberitakan Ed Sheeran ikut terseret lantaran namanya dicantumkan sebagai penulis lagu 'The Rest of Our Life'. Kedua penggugat menyebut kemiripan yang ada pada dua lagu itu sangat banyak dan mustahil jika disebut sebagai sebuah kebetulan.

Tim McGraw dan Faith Hill merilis lagunya pada Oktober tahun lalu. Sementara itu Carey dan Golden disebut telah menulis lebih dulu 'When I Found You' pada tahun 2014. Gugatan tersebut sudah didaftarkan di pengadilan federal New York pada Rabu (10/1).

"Penjiplakan itu terlihat, contohnya pada lirik dan not lagu yang sangat mirip dengan versi aslinya," demikian pernyataan yang tertulis pada gugatan.

Dalam kasus ini, Carey dan Golden menunjuk Richard Busch sebagai pengacara. Sebelumnya Busch pernah memenangkan gugatan atas tuduhan penjiplakan yang dilakukan Ed Sheeran dalam lagu 'Photograph'. Penyanyi asal Inggris tersebut pernah dituduh menjadi plagiat dari lagu yang dibawakan oleh jawara X Factor 2010, Matt Cardie.

Lagu 'Photograph' dituduh meniru 'Amazing' karya Martin Harrington dan Thomas Leonard. Atas kemenangan itu, penggugat berhak atas pembagian royalti dan namanya harus dicantumkan dalam kredit lagu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES