Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Album Perdana Camila Cabello Puncaki Tangga Billboard

Senin 22 January 2018 18:08 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Camila Cabello

Camila Cabello

Foto: People's choice.com
Camila juga menjadi penyanyi termuda di puncak tangga lagu Billboard.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Mantan personel Fifth Harmony, Camila Cabello sukses menempatkan album solo pertamanya "Camila" ke posisi pertama urutan album terbaik di Billboard. Nielsen Musik mencatat album Camila terjual 119 ribu album pada 18 Januari lalu.

Dari jumlah tersebut, 65 ribu di antaranya dari penjualan album fisik. Camila menjadi musisi wanita pertama yang meraih posisi pertama album debut sejak tiga tahun lalu. Album "Camila" dirilis pada 12 Januari lalu melalui SYCO/Epic Records.

Tangga lagu Billboard 200 mengurutkan album Amerika Serikat berdasarkan popularitas di tiap pekannya. Album tersebut dihitung berdasarkan penjualan album fisik, album setara lagu (ETA) dan album setara streaming (SES). Jumlah penjualan album sebanyak 119 ribu di luar ekspektasi, karena sejumlah industri lain akan memulai penjualan dengan sekitar 90 ribu album.

Selain itu, album The Greatest Showman berada di posisi dua dengan 104 ribu album. Sebenarnya, album The Greatest Showman menang di penjualan album tradisional dengan 70 ribu album. Namun album Camila menjual 16 ribu album TEA dibanding Showman dengan 8 ribu dan 38 ribu album SEA dibanding Showman denggan 26 ribu album.

Camila Cabello menjadi musisi wanita pertama yang meraih posisi pertama pada album Billboard 200, sebelumnya Meghan Trainor berada di posisi yang sama pada 31 Januari 2015 lalu.

Selain itu, Camila Cabello juga menjadi musisi wanita termuda dengan umur 20 tahun 10 bulan yang meraih posisi pertama album debut di Billboard sejak 2015. Sebelumnya ada nama Shawn Mendes dengan usia 15 tahun dengan album Handwritten pada 2 Mei 2015 dan Ariana Grande dengan usia 20 tahun 2 bulan dengan album Yours Truly pada 21 September 2013.

Di posisi ketiga terdapat album Ed Sheeran, (Divide) yang turun 10 persen dari pekan lalu. Di posisi selanjutnya terdapat Post Malone dengan Stoney, Taylor Swift dengan Reputation, G-Eazy dengan The Beautiful & Damned, Kendrick Lamar dengan Damn, Eminem dengan Revival, dan Lil Uzi Vert dengan Luv Is Rage.

Menutup 10 besar tangga lagu Billboard, rapper Lil Skies menjadi pendatang baru dengan albumnya, Life of a Dark Rose. Seperti dilansir dari laman Billboard, Lil Skies menjual sebanyak 28 ribu album pada minggu keduanya di tangga lagu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES