Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Abum Kendrick Lamar Raih Penghargaan Pulitzer Prize

Selasa 17 April 2018 13:27 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Kendrick Lamar

Kendrick Lamar

Foto: EPA
Lamar menjadi musisi non-klasik atau jazz pertama yang memenangkan Pulitzer.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Album Kendrick Lamar DAMN. telah dianugerahi Pulitzer Prize 2018 di bidang musik. Pengumuman tersebut menjadi momentum baru bagi penghargaan di bidang musik.

Lamar merupakan musisi non-klasik atau jazz pertama yang memenangkan penghargaan terhormat itu. Pulitzer Prize pertama kali menganugerahkan penghargaan untuk musik hip-hop.

"Koleksi lagu virtuoso yang disatukan oleh keaslian vernakular dan dinamisme ritmik yang menawarkan mempengaruhi sketsa menangkap kompleksitas kehidupan Afrika-Amerika modern," kata keterangan Pulitzer Prize dalam mendeskripsikan pilihan pemenangan tahun ini, dikutip dari People, Selasa (17/4).

Pemenang tahun-tahun sebelumnya termasuk album Angel's Bone oleh Du Yun dan In for a Penny, In for a Pound oleh Henry Threadgill. Album-album tersebut bergenre opera dan musikal.

DAMN. dinominasikan untuk beberapa Grammy Award tahun 2018, termasuk Album of the Year. Album tersebut memenangkan limapiala, album rap terbaik, lagu rap terbaik ("HUMBLE."), performa rapterbaik ("HUMBLE."), video musik terbaik ("HUMBLE. ), dan kinerja rap/lagu terbaik (LOYALTY.Ft. Rihanna).

Fan bereaksi dengan memberikan banjir pujian dan kegembiraan di Twitter. Mereka mengucapkan selamat kepada artis dan mencatat pencapaian besar ini terjadi sebelum Lamar bahkan memenangkan Grammy untuk album tahun ini.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA