Ahad 01 May 2016 07:00 WIB

Sukarno Ajak Presiden Uni Soviet Piknik ke Puncak

Mantan presiden Soekarno
Foto: Life
Mantan presiden Soekarno

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Tiga hari jelang libur panjang di awal Mei 2016, tempat-tempat wisata bersiap untuk menyambut kedatangan para pengunjung. Tempat-tempat yang paling banyak didatangani warga Jakarta untuk berkreasi adalah Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kebon Binatang Ragunan. Sedangkan objek wisata di luar kota yang ramai didatangi warga adalah Kebon Raya Bogor dan peranginan di kawasan Puncak.

Kita boleh memuji Ibu Tien Soeharto karena idenyalah TMII dibangun pada 1970-an. Padahal, ketika dia mengemukakan idenya untuk membangun TMII hampir setiap hari mahasiswa demo untuk menentangnya. Tapi istri Pak Harto ini tetap teguh untuk mewujudkan cita-citanya itu. TMII kini menjadi kebanggaan Indonesia dan banyak dikunjungi wisatawan asing.

Dalam ihwal rekreasi di hari-hari libur panjang, kita harus tahu kebiasaan ini telah berlangsung sejak lama, apalagi jika libur Lebaran. Pada 1940-an sampai 1960-an, yang paling banyak diserbu orang saat Lebaran adalah Kebon Binatang Cikini (KBC) kini menjadi Taman Ismail Marzuki (TIM) tempat kediaman pelukis terkenal, dan seorang penyayang binatang.

Karena terletak di pusat kota (Cikini), untuk pergi ke KBC dulu cukup naik becak atau trem listrik. Maklum, ketika itu mobil pribadi hanya milik oirang-orang kaya. Bahkan jumlah motor yang sekarang ini sudah memadati jalan-jalan di Jakarta dulu baru ratusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement