Jumat , 17 Februari 2017, 13:39 WIB

Dubai Berencana Luncurkan Taksi Drone

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
AP
Taksi Drone Dubai
Taksi Drone Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, Dubai akan meluncurkan moda transportasi baru yang menyerupai drone raksasa. Drone ini bisa mengangkut satu penumpang dengan bobot maksimal 100 kilogram. Drone berpenumpang ini diklaim sebagai langkah terbaru Dubai untuk mewujudkan cita-cita Dubai memiliki transportasi berteknologi maju.

Dilansir Live Science, kendaran terbang yang akan dirilis pada musim panas ini merupakan keluaran Cina dengan merek Ehang 184. Kepala Otoritas Transportasi Dubai Mattar Al Tayer mengatakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bahwa Dubai berencana memiliki pesawat tak berawak ini pada Juli mendatang.

“Ini bukan hanya sebuah model. Kami benar-benar bereksperimen dengan kendaraan terbang ini di di langit Dubai,” kata Al Tayer dikutip AP.

Drone tersebut akan diresmikan dalam sebuah penerbangan melintasi hotel termewah di Dubai sekaligus hotel keempat tertinggi di dunia, Burj Al Arab. Drone ini nantinya memiliki kemampuan terbang tanpa pengemudi. Ketika penumpang sudah memilih tujuan, drone akan terbang secara otomatis dan sebuah ruang kontrol akan memantau drone dari jarak jauh melalui internet mobile 4G.

Drone didukung dengan daya baterai yang dapat bertahan hingga 30 menit untuk menempuh jarak sejauh 50 kilometer. Meskipun kecepatan rata-rata Drone bisa mencapai 160 km/ jam, pihak berwenang menyarankan rata-rata kecepatan Drone sekitar 100 km/ jam saja.