Rabu , 13 September 2017, 07:39 WIB

Sulitnya Mencari Teman di Negara yang Satu Ini

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
visualphotos.com
Mengobrol dengan teman/ilustrasi
Mengobrol dengan teman/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Swedia telah dinobatkan sebagai negara terbaik di dunia untuk membesarkan anak. Siapa sangka, negara ini juga dinobatkan sebagai negara tersulit untuk menjalin pertemanan.

Hal ini terungkap melalui survei yang dilakukan Expat Insider kepada 12.500 ekspatriat yang tinggal di luar negeri. Dalam survei ini, Expat Insider meminta pendapat para ekspatriat untuk mengukur beragam aspek mulai dari prospek karir hingga asmara.

Hasil survei menunjukkan bahwa Swedia menempati urutan ke-65 dari 65 negara dalam aspek keramahan. Jadi, meskipun Swedia unggul sebagai tempat terbaik dalam membesarkan anak, anak-anak yang tumbuh di sana mungkin akan sulit untuk mencari teman.

Seperti dilansir Independent, Inggris juga mengalami penurunan dalam berbagai aspek yang dinilai melalui survei ini. Dalam aspek keramahan dan pertemanan, Inggris menempati urutan ke 49.

Sebaliknya, Costa Rica dinilai sebagai negara terbaik untuk berjalan-jalan dan berteman. Karena itu, tak heran jika Costa Rica menduduki peringkat pertama sebagai negara terbaik untuk menjain pertemanan.

Seperti dilansir Internations, para ekspatriat mengatakan sagat mudah bagi mereka untuk berteman dengan orang-orang lokal. Hampir satu dari lima ekspatriat mengatakan bahwa lingkaran pertemanan mereka didominasi oleh orang-orang lokal.

"Costa Rica menawarkan kebebasan untuk menjalani hidup yang damai dan bahagia, dikelilingi dengan orang-orang yang tenang, ramah dan bahagia," ungkap keterangan resmi dalam survei tersebut.

Di samping itu, Costa Rica juga berhasil menempati posisi 10 besar dalam tiga indeks. Ketiga indeks tersebut adalah kualitas hidup, kemudahan untuk tinggal dan kehidupan keluarga.

Negara lain yang cukup memberi kejutan adalah Bahrain. Banyak ekspatriat yang berpendapat bahwa negara ini membuat mereka merasa seperti tinggal di rumah sendiri.