Ahad , 29 October 2017, 01:45 WIB

Jam Tangan Mendiang Paul Newman Terjual Rp 242 Miliar

Rep: Nora Azizah / Red: Israr Itah
EPA-EFE/MARTIAL TREZZINI
Jam tangan milik Paul Newman yang laku sekitar Rp 242 miliar.
Jam tangan milik Paul Newman yang laku sekitar Rp 242 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SebuaH jam tangan milik mendiang aktor Paul Newman terjual dengan harga 17,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 242 miliar. Dilansir dari the Guardian, Sabtu (28/10), jam tangan bermerek Rolex tersebut sudah dipakai Newman selama hampir 15 tahun. Ini membuatnya menjadi jam tangan termahal di dunia saat ini.

Newman merupakan aktor yang aktif pada era 80-an. Ia pernah memenangkan piala Oscar pada 1986 silam dari film berjudul 'The Color of Money'. Ia terlihat sudah mengenakannya pada saat itu. Jam dengan tipe The Rolex Cosmograph Daytona tersebut dibuat sekitar 1963 sampai 1970. Kini, jam tersebut dikenal dengan nama 'Paul Newman Watch'.

Jam tersebut diperoleh Newman dari istrinya, Joanne Woodward, pada 1968. Woodward membelinya di toko Tiffany & Co di New York, Amerika Serikat (AS). Saat itu ia memberikan hadiah jam dengan pesan 'menyetirlah hati-hati'. Saat itu Newman memang suka mengendarai sepeda motor.

Pada 1984, Newman kemudian memberikan jam tersebut pada anak perempuannya, Nell Newman. Kemudian Nell memberikannya untuk kekasihnya saat itu, James Cox. Meski demikian Cox tidak memiliki jam tersebut. Kemudian keduanya sepakat untuk melelang jam milik Newman. Newman tutup usia pada 2008 silam. 

Awalnya jam milik Newman dijual dengan harga 1 juta Euro. Namun di luar ekspektasi, ternyata jam tersebut justru ditawar lebih tinggi. Lebih dari 700 orang menghadiri acara pelelangan tersebut, dan ada sekitar 40 telepon dari banyak negara. Hasil penjualan jam akan diberikan pada Nell Newman Foundation dan Newman's Own Foundation. 

Berita Terkait