Sabtu , 04 November 2017, 13:13 WIB

Wow! Topeng Asli Indonesia Ini Berusia Lebih dari 100 Tahun

Rep: Nora Azizah/ Red: Nidia Zuraya
Nora Azizah/Republika
Topeng Cungkring asal Cirebon yang diprediksi berusia di atas 100 tahun. Topeng ini berada di Nadara Art Gallery, Kuningan, Jawa Barat.
Topeng Cungkring asal Cirebon yang diprediksi berusia di atas 100 tahun. Topeng ini berada di Nadara Art Gallery, Kuningan, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Tidak hanya Bali yang terkenal dengan topeng Barong dan Leak. Di Cirebon, Jawa Barat, juga memiliki peninggalan budaya topeng ciri khas Sunda. Bahkan ada satu topeng yang berusia lebih dari 100 tahun. Topeng Cungkring dari sejarah Topeng Wangun Cirebon diprediksi sudah berusia ratusan tahun.

Topeng Cungkring tersebut berada di Narada Art Galerry, Kuningan, Jawa Barat. "Kami sudah cari pengrajinnya tetapi tidak ada," ujar Owi, salah satu pemandu Narada Art Gallery.

Saat itu Gallery akan tampil di Australia pada 2015 lalu. Penampilan Topeng Wangun sengaja dihadirkan dalam bentuk cerita.

Penampilan Topeng Wangun seperti pertunjukan wayang. Namun bila wayang digerakkan dalang, topeng dimainkan oleh seorang penari. Untuk menampilkan cerita, topeng dengan beragam karakter wajah ditampilkan bergantian. Dua tahun lalu pengumpulan topeng bersejarah dilakukan pihak Gallery hingga akhirnya ditemukan Topeng Cungkring.

Saat bertanya ke beberapa perajin topeng, mereka menjawab bahwa topeng tersebut dibuat oleh para guru sesepuh. Kini, Topeng Cungkring yang diprediksi berusia lebih dari 100 tahun tersebut dipajang di Nadara Art Gallery. Pengunjung juga bisa menikmati koleksi ratusam topeng lain, baik dari koleksi lokal sampai internasional. 

Berita Terkait