Wednesday, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Wednesday, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Surat Lamaran Kerja Mendiang Steve Jobs Terjual Rp 2,3 M

Sabtu 17 March 2018 08:43 WIB

Rep: Christiyaningsih, Adinda Pryanka/ Red: Ratna Puspita

Steve Jobs

Steve Jobs

Foto: Reuters
Pembeli adalah pengusaha internet dari Inggris yang tidak ingin dipublikasikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secarik surat lamaran kerja lawas ternyata bisa bernilai miliaran rupiah bila mengandung nilai sejarah. Hal inilah yang terjadi pada surat lamaran kerja yang ditulis sendiri oleh mendiang Steve Jobs.

Rumah lelang RR Auction mengatakan kepada Reuters surat lamaran kerja Jobs tersebut terjual dengan harga fantastis mencapai 174 ribu dolar AS. Jika dirupiahkan dengan nilai tukar hari ini, maka harga itu setara dengan Rp 2,3 miliar.

Akan tetapi, RR Auction menolak memberitahu lebih detail mengenai siapa orang yang membeli surat bersejarah itu. Rumah lelang hanya menyebut pembeli adalah pengusaha internet dari Inggris yang tidak ingin dipublikasikan.

Surat lamaran pendiri Apple itu bertarikh 1973 namun tidak mencantumkan posisi apa yang dilamar oleh Jobs. Diperkirakan surat tersebut dibuat ketika Jobs berusia 17 atau 18 tahun.

Dari surat lamaran dengan tulisan huruf latin itu, orang bisa mengetahui bagaimana Jobs memandang dirinya sendiri saat masih belia. Jobs menyebut ia kuliah di Reed College jurusan Sastra Inggris.

Ia drop out dari kampusnya setelah mengikuti perkuliahan satu semester pada musim gugur 1972. Namun, ia tetap tinggal di kampus bersama kawannya hingga 1973.

Dalam surat yang kertasnya mulai menguning itu, Jobs menyebut dirinya punya pengalaman di bidang komputer dan kalkulator. Di bawah kolom 'Keterampilan Khusus', dia menulis 'Elektronika atau teknik desain. Digital. Dari Bay dekat Hewlett-Packard."

Jobs juga menuliskan bahwa dia punya lisensi mengemudi, tetapi tak memiliki telepon. Di bawah kolom 'Akses Transportasi', ia menulis 'bisa tapi tidak memungkinkan.'

Dilansir dari laman ArsTechnica, Sabtu (17/3), setelah menulis surat lamaran tersebut Jobs bekerja di Atari pada tahun berikutnya. Atari adalah usaha rintisan yang bergerak di bidang game. Baru pada 1976 Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple.

Pada awalnya, RR Auction memprediksi surat lamaran Jobs akan laku seharga 50 ribu dolar AS. Namun rupanya perkiraan itu meleset. Surat tersebut rupanya bisa terjual hingga 174 ribu dolar AS.

Dua memorabilia lain dari Steve Jobs juga ikut dilelang pada saat yang sama. Dua peninggalan itu adalah sebuah Mac OS X manual yang ditandatangani Jobs dan sebuah kliping koran yang diarsipkan sendiri olehnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA