Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Google Doodle Rayakan 100 Tahun Pencipta Keluarga Fiksi 'Addams Family'

Sabtu 07 Jan 2012 12:48 WIB

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Addams Family, para tokoh fiksi yang diambil dari nama belakang penciptanya, Charles Addams

Addams Family, para tokoh fiksi yang diambil dari nama belakang penciptanya, Charles Addams

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Apakah anda salah satu penyuka humor hitam? Masih ingatkah anda kisah fiksi 'Addams Family' yang selalu berpakaian serba hitam dan tinggal di rumah besar yang juga bernuansa hitam gelap? Sang kartunis dibalik kelahiran keluarga Addams, Charles Addams, bila kini masih hidup akan berusia seratus tahun. Kelahiran Charles dirayakan oleh Google Doodle pada tanggal 7 Januari ini.

Addams lahir di Westfield, New Jersey pada tahun 1912. Pada usia mudanya, ia sudah nyentrik dan memiliki obsesi terhadap peti mati, kerangka dan batu nisan.

Addams menjadi terkenal karena humor hitam pada kartunnya, yang banyak muncul di majalah New Yorker. Kartun pertamanya diterbitkan di majalah itu pada tahun 1935.

Para lakon Addams Family yang terkenal adalah Gomez, Morticia, Uncle Fester, Lurch , Grandmama, Wednesday, Pugsley dan Thing, adalah karakter yang awalnya muncul berulang secara terpisah.

Setelah anggota keluarga yang pertama muncul di akhir 30-an, mereka diadaptasi untuk acara televisi dan film. Dalam satu inkarnasi terakhir Brooke Shields bermain sebagai Morticia dalam musikal Broadway.

Kisah keluarga mistik serba hitam ini pernah difilmkan mulai layar kaca hingga layar lebar. Salah satu rilis paling dikenal adalah The Addams Family (1991) yang dibintangi oleh Anjelica Houston memerankan Morticia Addams dan Christopher Lloyd (bintang trilogi Back to the Future) memerankan Uncle Fester.

Addams, yang meninggal karena serangan jantung pada tahun 1988, telah menikah tiga kali dan juga diingat memiliki hobby yang aneh, terkait pengalaman pribadinya. Pernikahannya dengan Marilyn Miller Matthews pada tahun 1980 misal, digelar di sebuah pemakaman untuk hewan peliharaan. Saat itu si pengantin wanita mengenakan gaun hitam dan membawa sebuah kipas bulu hitam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA