Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Topi Charlie Chaplin Laku Rp 600 Juta

Senin 19 Nov 2012 22:45 WIB

Red: Didi Purwadi

Charlie Chaplin

Charlie Chaplin

Foto: thehindu.com

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Satu dari koleksi topi dan tongkat milik Charlie Chaplin, komedian era film bisu Hollywood, terjual dengan harga Rp 600 juta (62.500 dolar AS) pada Minggu. Demikian menurut Rumah Lelang Bonhams.

Topi dan tongkat Chaplin yang harga jualnya melebihi perkiraan awal sebesar 40 ribu-60 ribu dolar itu sangat identik dengan karakter "Little Tramp" di film seperti "City Lights" dan "Modern Times".

Spesialis memorabilia Bonhams, Lucy Carr, sebelumnya mengatakan topi dan tongkat Chaplin yang tersisa saat ini jumlahnya sangat langka. "Kami melelang koleksi pribadi dari seseorang yang memiliki hubungan langsung dengan Chaplin," kata Carr.

Karakter "Little Tramp" yang terkenal dengan langkah perlahan dan gemar menggerutu itu lah yang membuat Chaplin terkenal. Seorang legenda Hollywood sempat berkata bahwa karakter itu tak sengaja tercipta ketika hujan mengguyur Studio Keyston.

Little Tramp pertama kali muncul dalam "Kid Auto Races at Venice" pada 1914 dan terakhir kali dalam "Modern Times" pada 1936.

Topi dan tongkat Chaplin itu merupakan serangkaian dari artifak budaya populer yang dilelang. Sejumlah koleksi lain adalah surat tulisan tangan John Lennon ketika menyurati istrinya Yoko Ono.

Selain itu, ada juga sejumlah foto dari Marilyn Monroe, koleksi komik "Peanuts" karya Charles Schulz, dan kursi rotan yang ada di Rick's Cafe dalam film "Casablanca".

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA