Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Hari ini 6 Februari: Tragedi Muenchen 1958

Rabu 06 Feb 2013 15:17 WIB

Rep: Niken Paramitha Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto

Para pemain Manchester United yang tewas dalam kecelakaan di Muenchen, 6 Februari 1958

Para pemain Manchester United yang tewas dalam kecelakaan di Muenchen, 6 Februari 1958

Foto: Manchester.com

REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER -- Tepat 55 tahun yang lalu, 6 Februari 1958, terjadi tragedi yang mengejutkan jagat sepak bola dunia. Tragedi ini terjadi di Bandar Udara Munich-Riem, München, Jerman. Kecelakaan terjadi ketika British European Airways Penerbangan 609 jatuh pada usaha ketiganya untuk lepas landas dari kubangan lumpur yang menyelimuti landasan.

Di dalam pesawat terdapat para pemain Manchester United yang bersinar saat itu. Tim yang dijuluki “Busby Babes“, bersama dengan sejumlah pendukung dan wartawan. Sebanyak 20 dari 44 orang di pesawat tewas dalam kecelakaan. Yang terluka, beberapa di antaranya sudah tak sadarkan diri, dibawa ke Rumah Sakit Rechts der Isar di Munich. Tiga orang meninggal sehingga yang selamat hanya 21 orang.

Tim ini baru dalam perjalanan kembali dari sebuah pertandingan Piala Eropa 1957-1958 di Beograd, Yugoslavia, melawan Red Star Belgrade, tetapi harus berhenti di Muenchen untuk mengisi bahan bakar.  Setelah mengisi bahan bakar, sang pilot, kapten James Thain dan kopilot Kenneth Rayment, mencoba lepas landas sampai dua kali, tetapi terpaksa dibatalkan karena terjadi gangguan di mesin. Takut terlambat jadwal, Kapten Thain menolak menginap di Muenchen dan memilih melakukan upaya lepas landas untuk ketiga kalinya.

Pada saat upaya ketiga, mulai turun salju, menyebabkan lapisan lumpur di ujung landasan. Ketika pesawat menyentuh lumpur, pesawat kehilangan kecepatan, membuat pesawat tidak dapat lepas landas. Pesawat menabrak pagar dan melewati ujung landasan, sebelum sayap pesawat membentur rumah terdekat sehingga sobek.

Pemain Manchester United yang Tewas

Geoff Bent
Roger Byrne
Eddie Colman
Duncan Edwards
(selamat dari kecelakaan, tapi meninggal 15 hari kemudian)
Mark Jones
David Pegg
Tommy Taylor
Liam “Billy” Whelan


Staf Manchester United yang Tewas
Walter Crickmer, sekretaris klub
Tom Curry, trainer
Bert Whalley
, kepala pelatih

sumber : Uniknya.com
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA