Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Mendengarkan Musik Baru Bermanfaat untuk Otak

Jumat 12 Apr 2013 18:58 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih

otak manusia

otak manusia

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Penelitian menunjukkan mendengarkan musik baru bermanfaat untuk otak. Dengan menggunakan scan MRI, tim ilmuwan Kanada menemukan daerah di pusat otak menjadi aktif ketika orang mendengar lagu untuk pertama kalinya. 

Semakin banyak pendengar menikmati apa yang mereka dengar, maka bertambah kuat koneksi di wilayah otak yang disebut nucleus accumbens. Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Science. 

Valorie Salimpoor dari Rotman Research Institute di Toronto mengatakan nuclues accumbens terlibat dalam kepuasan. "Ini ketika anda mengantisipasi dan mendapatkan gembira atas sesuatu yang sama sekali abstrak," ujarnya dilansir BBC

Untuk melaksanakan studi tersebut, para ilmuwan melibatkan 19 relawan dengan 60 lagu baru berdasarkan preferensi musik mereka. Dengan analisis skan, ilmuwan menemukan nucleus accumbens tampak bercahaya dan tergantung pada tingkat aktifitas. 

"Ketika mereka mendengarkan musik, kita bisa melihat aktifitas otak dan melihat bagaimana mereka mengapresiasi atau menikmati musik sebelum mereka mengatakan apa pun," ujarnya.

Penelitian tersebut mengungkap bagaimana kita memiliki selera musik. Aktifitas di otak dapat menjelaskan mengapa orang dapat menikmati berbagai jenis musik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA