Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Ini Kinerja Keuangan Manajemen Artis di Korea Selatan

Senin 03 Jun 2013 11:04 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih

JYP, SM, dan YG

JYP, SM, dan YG

Foto: Allkpop

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tiga perusahaan hiburan terbesar (Big Three) di Korea Sleatan menyajikan lompatan besar dalam laporan keuangan perusahaan sepanjang kuartal pertama 2013. Terlihat, YG Entertainment, SM Entertainment, dan JYP Entertainment saling berlomba setiap tahunnya.

Manajemen YG yang membawahi artis, seperti BigBang, 2NE1, dan Psy mencatat kinerja keuangan terbesar tahun ini, mengalahkan SM dan JYP. YG mengumpulkan laba mencapai 5,6 juta dolar AS. Angka ini meningkat 44,3 persen dibandingkan kenaikan tahun sebelumnya 3,7 juta dolar AS.

"Kegiatan artis-artis kami di luar negeri menyumbang laba terbesar. Royalti dan penjualan perusahaan meningkat," kata perwakilan YG dilansir dari Allkpop, Senin (3/6). Tur dunia BigBang dan 2NE1 menyumbang pengdapatan dan laba terbesar.

Sementara itu, SM mencatat sebaliknya. Manajemen yang membawahi Super Junior, Girls Generation, SHINee, dan f(x) ini mencatat penurunan laba kotor perusahaan hingga 72,1 persen pada kuartal pertama tahun ini. Angkanya turun dari 4,5 juta dolar AS tahun lalu menjadi hanya 1,8 juta dolar AS.

Namun, SM sama sekali tidak terganggu. Pendapatan dari semua konser dunia, khususnya Super Junior, akan dimasukkan dalam perhitungan segera. "Ada banyak konser besar yang dilakukan pada kuartal kedua, ini akan diperhitungkan dalam pendapatan perusahaan," ujar perwakilan SM. 

Tur dunia yang dimaksud akan dilakukan oleh tur Dome Jepang TVXQ, dan SM Town Live. EXO juga akan mulai mempromosikan grupnya secara aktif di Korea dan Cina. 

Terakhir, JYP Entertainment. Kuartal pertama tahun ini berhasil menghentikan kerugian bisnis mereka. JYP berhasil menurunkan kerugian mereka 63,3 persen. Penjualan label yang membawahi Wonder Girls, 2PM, miss A, dan 2AM ini mengalami peningkatan penjualan 57,1 persen hingga 2,5 juta dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA