Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

400 Selebritas Meriahkan Festival Film Shanghai

Ahad 15 Jun 2014 18:57 WIB

Red: M Akbar

Nicole Kidman    (test 465 x 276)

Nicole Kidman (test 465 x 276)

Foto: AP/Lionel Cironneau

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Shanghai secara resmi membuka festival film terkenalnya. Ini adalah sebuah acara internasional yang dihadiri oleh lebih dari 400 selebriti dan spesialis industri film global.

Bintang Hollywood Nicole Kidman menerima penghargaan untuk kontribusi luar biasa pada upacara pembukaan, yang digelar Sabtu malam di Shanghai Grand Theater.

Aktor dan sutradara Jiang Wen menerima penghargaan bagi kontribusi luar biasa untuk film-film Tiongkok. Jiang telah bekerja di industri ini selama 30 tahun.

Festival tahun ini, yang ke-17 tahun sejak dimulai pada tahun 1993, berfokus pada film bahasa Asia dan Tiongkok dan bintang-bintang yang menanjak, dengan penekanan berat pada bursa multipolar, kata Weng Tiehui, wakil wali kota Shanghai dan ketua panitia festival.

Weng, saat berpidato pada upacara pembukaan, mengatakan bahwa penyelenggara berusaha untuk mengubah festival ke tahap lebih besar untuk bakat baru dan karya-karya baru, dalam upaya memperluas pengaruhnya di industri film global.

Penyelenggara menayangkan satu film Tiongkok, produksi tahun 1960-an "Stage Sisters" yang berkisah tentang sekitar dua seniman opera China, sebagai film pembuka.

Bintang internasional Tiongkok, Gong Li, mengatakan ia berharap semua penonton akan menghargai film "dengan mata dan hati".

Acara sembilan hari ini dihadiri oleh sejumlah selebriti lainnya termasuk Hugh Grant, John Woo dan Yu-Sen.

Tiongkok adalah salah satu pasar film terbesar di dunia, dengan 21,7 miliar yuan (sekitar 3,5 miliar dolar AS) dari pendapatan box office tahun lalu, demikian OANA.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA