Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Tujuh Fakta Tentang Kunang-Kunang yang Perlu Anda Tahu

Rabu 17 Jun 2015 04:46 WIB

Rep: Sonia Fitri/ Red: Agung Sasongko

Kunang-Kunang (soucer: Kaskus)

Kunang-Kunang (soucer: Kaskus)

Foto: Kaskus.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunang-kunang merupakan salah satu serangga ajaib, sebab dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari. Jadilah ia tampak semacam titik cahaya yang melayang-layang mewarnai malam dengan cahaya.

Dilansir dari situs mnn.com yang dikutip national geographic, berikut tujuh fakta soal kunang-kunang yang mesti Anda ketahui.

 
1. Kunang-kunang termasuk jenis kumbang

Ia merupakan hewan nokturnal anggota Lampyridae, sebuah familia serangga dalam urutan kumbang Coleoptera atau kumbang yang bersayap. Mereka merupakan jenis kumbang dengan nama familia Lampyridae. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "lampein", artinya “bersinar, seperti lampu”.

2. Kunang-kunang alkemis andal

Kunang-kunang menciptakan cahaya seolah-olah memiliki sihir. Padahal tidak ebgitu. Prosesnya, ketika zat kimia yang disebut luciferin di dalam perut mereka digabungkan dengan oksigen, kalsium dan adenosin trifosfat, reaksi kimia terjadi dan menghasilkan cahaya yang spektakuler.

 
3. Kunang-kunang penghasil cahaya hemat energi

Cahaya yang dihasilkan serangga ini adalah yang paling efisien. Hampir seratus persen dari energi dalam reaksi kimia dipancarkan sebagai cahaya. Sebagai perbandingan, bola lampu pijar hanya memancarkan 10 persen dari energi sebagai cahaya, 90 persen lainnya hilang sebagai panas.

 
4. Kunang-kunang serangga pemikat

Setiap spesies memiliki pola spesifik kedipan cahaya. Kunang-kunang jantan menggunakan pola ini untuk membiarkan para betina dari spesies yang sama tahu bahwa mereka akan cocok untuk satu sama lain. Ketika seekor betina melihat pelamar yang cocok, dia menjawab dengan kerlipan spesifik tersendiri. Kunang-kunang betina juga mungkin menggunakan informasi kedipan untuk memutuskan jantan mana yang akan dikawini.

 
5. Memiliki warna lampu seperti pelangi

Meski tidak dengan warna pelangi yang lengkap, mereka punya warna lampu bervariasi antara kuning, merah terang, hijau dan oranye

 
6. Kunang-kunang menerangi dunia bawah tanah

Bayi kunang-kunang yang masih tinggal di bawah tanah memancarkan cahaya. Di antara beberapa spesies, bahkan telurnya pun bercahaya.

7. Kunang-kunang berdiet

Serangga ini memiliki pola makan yang unik. Kunang-kunang dalam amsa pertumbuhannya sebagian beralih menjadi kanibalisme dan makan kunang-kunang lain. Tetapi sebagian lainnya memakan serbuk sari dan nektar, dan beberapa lagi tak makan apa pun sama sekali selama hidup mereka yang pendek.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA