Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Studi: Pria Takut Berkencan dengan Wanita Cerdas

Jumat 23 Oct 2015 06:30 WIB

Rep: c39/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wanita cerdas (ilustrasi)

Wanita cerdas (ilustrasi)

Foto: telegraph

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam isu yang berkembang dikatakan bahwa seorang pria akan lebih tertarik pada wanita cerdas. Tapi dalam kenyataannya, ternyata hal itu tidaklah benar. Dalam sebuah studi terbaru menungkapkan justru pria merasa takut untuk berkencan dengan seorang wanita cerdas.

 Dalam studi yang masih akan diterbitkan dalam edisi November mendatang dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin ini, menyimpulkan bahwa seorang pria akan merasa terancam jika berkencan dengan wanita cerdas. Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of Buffalo di New York, California Lutheran University, dan University of Texas di Austin, Amerika Serikat.

Dalam penelitian ini dilakukan dua tahapan. Pada tahap pertama sekitar 105 pria diminta untuk mengikuti skenario hipotetis dengan melibatkan seorang wanita yang dapat mengguli mereka dalam kursus Matematika atau Bahasa Inggris.

Pada tahap pertama ini menghasilkan bahwa para pria menginginkan wanita cerdas sebagai pasangan yang dinginkan "Mereka membentuk kesan yang menyenangkan dan menunjukkan minat yang lebih besar pada wanita yang memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari mereka,” ungkap para peneliti, seperti dilansir dari Independent, Kamis (22/10).

Namun, dalam uji coba tahap kedua studi ini membuktikan bahwa ketika para pria tersebut ditanya apakah mereka akan berkencan dengan wanita yang lebih cerdas, studi menunjukkan para pria tersebut menjadi ciut.

"Pria yang dihadapkan dengan dunia nyata akan menjauh dari wanita yang cerdas, mereka  cenderung menilai dia kurang menarik, dan menunjukkan tidak mempunyai keinginan hanya untuk sekedar bertukar kontak atau berkencan dengannya,” ungkap para peneliti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA