Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Kisah Ibunda JK 'Athirah' Tayang 29 September

Selasa 23 Agu 2016 09:32 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari

Aktris Cut Mini berperan sebagai Athirah.

Aktris Cut Mini berperan sebagai Athirah.

Foto: Republika/Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Miles Film kembali mempersembahkan sebuah film drama keluarga terbaru berjudul Athirah. Film ini dijadwalkan tayang pada 29 September mendatang di bioskop-bioskop Tanah Air.

Cerita Athirah diambil dari kisah nyata perjalanan hidup ibunda Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. Sutradara Riri Riza mengandeng aktris Cut Mini untuk memerankan Athirah dan Christoffer Nelwan untuk memerankan Jusuf Kalla atau Ucu muda.

"Hampir semua aktor berbakat. Cut Mini punya keterbukaan dan adaptif terhadap lingkungan. Mau melakukan riset dengan keluar dari comfort zone," ujar Riri, saat ditemui dalam acara konferensi pers film Athirah di Senopati, Jakarta Selatan, Senin (23/8).

Riri menjelaskan, film ini kental dengan budaya Bugis, mulai dari bahasa, hidangan makanan, hingga pakaian. Pengambilan gambar dilakukan di sejumlah lokasi, seperti Makassar, Sengkang, dan Parepare, selama 32 hari.

"Tapi kita fokus pada ruang keluarga rumah Athirah yang menjadi inti dalam film ini," jelas Riri.

Penulis naskah film Athirah, Salman Aristo, menambahkan, Athirah menjadi film yang penuh dengan hubungan emosi sebuah keluarga. Secara umum Athirah menggambarkan sosok seorang perempuan Bugis yang berjuang menjadi seorang istri dan ibu untuk keluarga yang dicintainya.

"Bakal makin menarik sisi kekentalan kultur, bapaknya yang awalnya dikagumi anak anaknya dan istrinya, tiba tiba terpecah," kata Salman.

Film Athirah menceritakan tentang sosok Athirah (Cut Mini), perempuan Bugis yang ingin mempertahankan keutuhan keluarganya saat ada perempuan lain memasuki kehidupan suaminya. Di saat yang sama, anak laki-laki tertuanya yang masih remaja, Ucu (Christoffer Nelwan), mengalami kesulitan memahami Athirah dan konflik yang tengah terjadi di tengah keluarganya.

Selain Cut Mini dan Christoffer, film ini juga dibintangi oleh sederet aktor seperti Arman Dewarti, Jajang C Noer, Indah Permata Sari, Tika Bravani, dan Nino Prabowo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA