Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Puluhan Ribu Orang Ikut Petisi Tolak Mulan Berkulit Putih

Selasa 13 Sep 2016 08:01 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari

Film animasi Mulan

Film animasi Mulan

Foto: Disney

REPUBLIKA.CO.ID, Film Mulan versi nonanimasi rencananya akan segera dibuat, setelah film-film animasi sebelumnya yang dibuat versi nyata seperti Cinderella, The Jungle Book dan Beauty and The Beast sukses merebut hati penonton. Namun rencana pembuatan film nonanimasi Mulan sudah mendapat petisi dari hampir 90 ribu orang yang menolak jika tokoh Mulan diperankan aktor kulit putih.

Disney, seperti dilansir The Independent, akan membuat film animasi ini bekerja sama dengan Sony. Mereka rencananya akan mengambil lokasi film tersebut di Cina dengan menggandeng sejumlah aktor dan aktris Cina.

Sementara itu, para penggemar Mulan sudah mulai melakukan protes jika tokoh Mulan diperankan aktor kulit putih barat. Hampir 90 ribu orang menandatangani petisi soal ini.

Natalie Molnar, yang mendirikan petisi tahun lalu, mengatakan adanya rumor soal pemeran Mulan ini. Menurutnya ini tak hanya berbahaya bagi film, tapi juga penonton.

"Ini bisa menyiratkan bahwa orang kulit berwarna tak bisa jadi pahlawan," katanya.

Terlebih, menurutnya, bagi jutaan anak-anak di seluruh dunia yang mungkin akan mengaitkan diri mereka dengan cerita yang mereka sukai. Dengan hal ini, bisa jadi banyak anak dari kulit berwarna akan berpikir mereka tak mungkin bisa membuat perbedaan.

Mulan didasarkan pada legenda Cina yang bercerita tentang seorang gadis yang menyamar sebagai seorang pria. Ia pergi berperang melawan Hun menggantikan ayahnya yang sakit.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA