Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Pangeran Harry dan Rihanna Tes HIV Bersama

Jumat 02 Dec 2016 11:36 WIB

Red: Ani Nursalikah

Penyanyi pop Rihanna dan Pangeran Harry melakukan tes HIV bersama di Barbados, Kamis (1/12).

Penyanyi pop Rihanna dan Pangeran Harry melakukan tes HIV bersama di Barbados, Kamis (1/12).

Foto: People

REPUBLIKA.CO.ID, BRIDGETOWN -- Pangeran Harry dari Inggris dan penyanyi asal Amerika Serikat (AS) Rihanna melakukan tes HIV bersama di Barbados pada Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada Kamis (1/12). Sebelumnya, kedua figur publik itu juga tampil untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-50 salah satu negara di Kepulauan Karibia itu dan mengunjungi pusat pengendalian penyakit.

Menurut Harry, tes HIV yang akan dilakukannya kali ini bukanlah untuk pertama kali. Beberapa bulan lalu, ia mengaku telah menjalani tes untuk mengetahui apakah memiliki penyakit menular tersebut di London dan hasilnya negatif.

Meski demikian, ia mengatakan semua orang pasti akan merasa khawatir saat menjalani tes HIV. Tetapi, bukan berarti hal itu menjadi penghalang untuk melakukan tindakan yang justru dapat mencegah penyebaran virus berbahaya ini.

"Siapa pun Anda, sebaiknya jangan ragu melakukan tes HIV karena ini begitu penting dalam menangani salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia," ujar Harry, dilansir The Guardian, Jumat (2/12).

Ia juga datang ke rumah sakit di Barbados untuk bertemu dengan sejumlah dokter ahli penanganan HIV. Saat ini, penyakit yang salah satunya ditularkan melalui hubungan seksual itu dapat ditangani dengan obat, yang dikenal dengan nama antiretroviral.

Program nasional pencegahan HIV di Barbados mengatakan kebanyakan pasien yang terjangkit penyakit di negara itu adalah laki-laki. Tak sedikit dari mereka yang terlambat mengetahui dirinya terinfeksi virus dan meninggal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA