Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Trie Utami Harap Dawai Karmawibangga Jadi Ciri Borobudur

Kamis 08 Dec 2016 17:38 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Trie Utami di atas panggung.

Trie Utami di atas panggung.

Foto: ANTARA FOTO/Teresia May

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Penyanyi Trie Utami dan Jaringan Kampung (Japung) Nusantara menciptakan alat musik dawai karmawibangga terinspirasi dari relief karmawibangga di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Trie Utami di Magelang, Kamis (8.12), mengatakan pihaknya membuat tiga dawai dengan ukuran dan bentuk berbeda. Dawai tersebut dibuat dari kayu jati dan dipahat oleh seniman asal Situbundo, Alligardy.

"Dawai ini merupakan wujud hasil kegelisahan kami atas Candi Borobudur. Dawai kami buat sesuai ukuran aslinya pada masa itu," katanya dalam "Sonjo Kampung di Omah Mbudur" di Dusun Jowahan, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang.

Menurut dia, dawai karmawibangga berbeda dengan dawai asal India maupun daerah lainnya. Dia berharap alat musik itu bisa menjadi ciri khas Candi Borobudur dan kelak bisa membantu mewujudkan gagasan "Sounds of Borobudur".

Pendiri Omah Mbudur, Nuryanto, mengatakan para seniman Borobudur mengapresiasi hasil kerja Trie Utami dan kawan-kawan. Ia mengatakan Candi Borobdur ibarat lentera di mana orang yang berada jauh justru diterangi namun yang berada di dekatnya justru gelap.

"Jika ingin maju warga Borobudur harus menyatu dengan lentera. Semoga Borobudur semakin mendunia. Kami bangga alat musik ini dimainkan pertama kali di Omah Mbudur," katanya.

Camat Borobudur Nanda Cahya Pribadi mengatakan banyak warga Magelang yang belum tahu jika Candi Borobudur adalah perpustakaan kebudayaan yang luar biasa. Ia berharap, dawai karmawibangga dapat menjadi tonggak kebangkitan budaya Borobudur.

"Ini bukan sekadar alat musik. Bayangkan abad VII masyarakat Borobudur sudah memainkan alat musik. Dalam suasana apa leluhur kita memainkan alat musik ini. Candi Borobudur adalah pusat kebudayaan, Borobudur tonggak kejayaan bangsa Indonesia," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA